PotretNews.com Selasa 10 Desember 2019
Home >  Artikel >  Potret Riau
Potret Riau
Senapelan, Jejak Sejarah Pekanbaru Tempo Dulu
Sabtu, 09 Januari 2016 23:51 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Seperti kota besar lainnya yang memiliki kawasan kota tua, Pekanbaru juga memiliki kawasan bersejarah yang menjadi saksi lahirnya Kota Pekanbaru, yang sekarang telah berkembang menjadi kota metropolis.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kampung Patin, dulu sempat berada di ambang kemiskinan. Namun, berkat budidaya Patin, kemiskinan itu berubah menjadi cerita sukses.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Mesjid Raya Pekanbaru yang dulunya disebut Mesjid Raya Senapelan merupakan mesjid bersejarah bagi Kota Bertuah. Di dalam kawasan mesjid ini terdapat sumur tua yang terkenal hingga ke mancanegara seperti Malaysia dan Singapura.
BANGKINANG, POTRETNEWS.com - Pada berabad-abad yang lalu negeri Kuok sekarang belum bernama Kuok. Zaman dulu namanya Rona Kobun Bungo. Sebagian besar daratan rendah dan lembah-lembah yang timbul sekarang, dulu masih digenangi air.
SIAK, POTRETNEWS.com - Makam Putri Kaca Mayang berada di Desa Gasib Kecamatan Kotogasib Kabupaten Siak, Riau, untuk menjumpai makam ini tidaklah begitu sulit. dari Pekanbaru menuju pemakaman ini dapat ditempuh dengan perjalanan 2 jam.
INDRAGIRI HILIR, POTRETNEWS.com - Salah satu cerita rakyat yang cukup terkenal di Riau adalah cerita rakyat Melayu Batu Belah Batu Betangkup (batu yang telah terbelah kemudian menutup kembali).
ROKAN HILIR, POTRETNEWS.com - Hampir setengah abad setelah tenggelamnya Kerajaan Pekaitan dan Batuhampar, munculah Kerajaan baru di Rokan Hilir (Rohil), Riau, yaitu Kerajaan Bangko. Kerajaan Bangko didirikan oleh seorang ulama asal Aceh bernama Syarif Ali. Kerajaan ini berdiri kira-kira pada pertengahan abad XVI. Syarif Ali mendirikan Kerajaan Bangko di wilayah yang merupakan bekas Kerajaan Batuhampar.
ROKAN HILIR, POTRETNEWS.com - Makam Datuk Batuhampar yang berada di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau tepatnya di Jalan Parit Jawa, Kepenghuluan/Kecamatan Batuhampar ternyata adalah Sayyid Ali Bin Abdurrahman.
ROKAN HILIR, POTRETNEWS.com - Dulu kabarnya daerah ini terdapat seorang raja berkuasa, tepatnya di Bentayan yang masuk wilayah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau.
SELATPANJANG, POTRETNEWS.com - Tentara Jepang sengaja menyembunyikan kabar penyerahan tanpa syarat pasukan jepang kepada sekutu pada 15 Agustus 1945. Selain menyembunyikan kabar kekalahan tersebut, Jepang juga merahasiakan berita Proklamasi Kemerdekaan Indoenesia yang telah diproklamirkan pada 17 Agustus 1945 di Jakarta.
Loading...
www www