Home > Berita > Lingkungan
Lingkungan
sebelum-haramkan-deforestasi-komisi-fatwa-mui-sempat-bertemu-aktivis-lingkungan-riau-diskusi
JAKARTA, POTRETNEWS.com — Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa yang mengharamkan penggundulan hutan (deforestasi) serta pembakaran hutan dan lahan yang berdampak pada krisis iklim. Fatwa mengharamkan segala bentuk tindakan yang berdampak pada krisis iklim, karenanya fatwa diberi nama tentang Hukum Pengendalian Perubahan Iklim Global.
sobat-bumi-stai-susha-siak-tanam-1000-pohon-mangrove-di-kampung-rawa-mekar-jaya
SIAK, POTRETNEWS.com — Dalam rangka merayakan HUT Pertamina ke-66, rekan-rekan Sobat Bumi dari Sekolah Tinggi Agama Islam Sulthan Syarif Hasyim (STAI Susha) Siak mengadakan kegiatan penanaman 1.000 pohon mangrove di penghujung tahun 2023. Penanaman 1.000 pohon mangrove ini dilaksanakan oleh tim penerima beasiswa Pertamina Foundation beserta relawan mahasiswa, dosen dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Rumah Alam Bakau di Kampung Rawa Mekar Jaya, Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak, Sabtu (30/12/2023) lalu.
berawal-dari-patroli-karhutla-petugas-temukan-bibit-sawit-yang-hendak-ditanam-di-kawasan-hutan-tntn
PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Bibit kelapa sawit ditemukan di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) di Desa Lubukkembangbunga, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau. Bibit sawit itu hendak ditanam di kawasan hutan lindung tersebut.
40-hektare-lahan-gambut-di-indragiri-hulu-terbakar-hingga-meluas-ke-kebun-sawit-warga-satgas
INDRAGIRI HULU, POTRETNEWS.com — Kebakaran lahan melanda Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Provinsi Riau. lahan gambut seluas 40 hektare terbakar sejak Senin (9/10/2023) malam.
hampir-1000-hektare-lahan-terbakar-di-riau-bengkalis-paling-banyak
PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Kebakaran hutan dan lahan di Riau terus meluas sejak awal Januari lalu. Tercatat hingga saat ini sudah hampir ada 1.000 hektare lahan terbakar.Kepala BPBD Riau, Edy Afrizal mengatakan lahan terbakar Januari hingga 30 Juli telah mencapai 924,23 hektare. Kebakaran lahan terjadi di 12 kabupaten kota.
hari-lingkungan-hidup-phr-wk-rokan-jaga-ekosistem-pantai-di-pesisir-riau
DUMAI, POTRETNEWS.com — PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) turut menjaga kawasan pesisir pantai dan laut Indonesia dalam Program Bersih-Bersih Pantai (Indonesia Coastal Clean Up/ICCU). Aksi tersebut dipusatkan di Pantai Marina, Kelurahan Telukmakmur, Kecamatan Medang Kampai, Dumai, Sabtu (10/6/2023).
aktivis-lsm-ini-sebut-17-perusahaan-sawit-penyebab-kebakaran-hutan-di-riau-angka-pemulihan-rp29
JAKARTA, POTRETNEWS.com — Persoalan perubahan iklim menjadi masalah besar yang sedang dihadapi oleh penduduk dunia saat ini, tidak terkecuali Indonesia. Oleh sebab itu Perkumpulan Elang melakukan Focus Group Discussion untuk perlindungan kawasan Semenanjung Kampar dalam upaya menekan emisi gas rumah kaca di Riau.
aparat-gabungan-bongkar-tambang-emas-ilegal-di-peranap-inhu-66-rakit-dihancurkan
PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Aparat gabungan turun tangan menertibkan tambang emas ilegal, di Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau.
hasil-deteksi-sebuah-tim-sungai-siak-pekanbaru-tercemar
PEKANBARU , POTRETNEWS.com — Tim Ekspedisi Sungai Nusantara melakukan kegiatan Deteksi Kesehatan Sungai Siak di Kota Pekanbaru, Riau. Ekspedisi ini berkolaborasi dengan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri di Riau dan Telapak Bada Teritori Riau. Pendeteksian dilakukan dengan mengukur kualitas fisika kimia air dan uji kandungan sampah mikroplastik.
pembalakan-liar-menggila-dari-45-hektare-kawasan-hutan-lindung-di-kuansing-dlhk-hanya-mampu
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Menggilanya aksi pembalakan liar di kawasan hutan lindung diakui oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Riau, Makmun Murod. Ia mengatakan dari 45 hektare kawasan hutan lindung yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), hanya ada 12 hektare yang bisa diselamatkan pihak DLHK Riau.
wwwwww