PotretNews.com Selasa 10 Desember 2019
Home >  Artikel >  Potret Riau
Potret Riau
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Jembatan Lekton dan ada juga yang menyebutkan jembatan Leton, adalah jembatan tertua dan termegah di Kota Pekanbaru. Jembatan yang pernah menjadi terpanjang di Pulau Sumatera ini dibangun sekira tahun 1973 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 19 April tahun 1977. Tapi sebenarnya nama jembatan ini adalah Jembatan Sungai Siak atau Jembatan Siak I, kenapa bisa demikian?
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah pulau Sumatera. Provinsi ini terletak di bagian tengah pantai timur Pulau Sumatera, yaitu di sepanjang pesisir Selat Melaka.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Anda pernah tinggal di Pekanbaru? atau di Pulau Sumatera? Mungkin masih ingat foto-foto ini yang dulu berseliweran dan sedang jaya-jayanya.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Untuk dapat menjawab pertanyaan di atas, tentunya kita harus mengetahui sejarah Kota Pekanbaru. Pekanbaru merupakan Ibu Kota Provinsi, Riau, yang saat ini menjadi salah satu kota selain Makassar yang diusulkan menjadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia.
Pekanbaru, Berawal dari Bandar Senapelan...
Minggu, 15 November 2015 05:34 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Nama Pekanbaru dahulunya dikenal dengan nama “Senapelan” yang saat itu dipimpin oleh seorang kepala suku disebut batin. Daerah ini terus berkembang menjadi kawasan pemukiman baru dan seiring waktu berubah menjadi Dusun Payung Sekaki yang terletak di muara Sungai Siak.
Gubernur Riau dari Masa ke Masa
Minggu, 15 November 2015 04:44 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Pembentukan Provinsi Riau ditetapkan dengan Undang-undang Darurat Nomor 19 Tahun 1957. Kemudian diundangkan dalam Undang-undang Nomor 61 tahun 1958. Sama halnya dengan provinsi lain yang ada di Indonesia, untuk berdirinya Provinsi Riau memakan waktu dan perjuangan yang cukup panjang, yaitu hampir 6 tahun (17 November 1952 s/d 5 Maret 1958).
Inilah Sejarah Terbentuknya Provinsi Riau
Sabtu, 14 November 2015 02:35 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Riau merupakan salah satu provinsi terbesar di Indonesia jauh sebelum Kepulauan Riau berpisah menjadi provinsi sendiri pada saat itu. Ya, sebelumnya, Riau dan Kepulauan Riau adalah satu provinsi. Negeri melayu ini sungguhlah luas, bermula dari ranah Kampar, Kuantan hingga terus ke utara, Lingga, Penyengat, Johor, hingga Natuna.
Sejarah Asal Kata RIAU
Sabtu, 14 November 2015 02:16 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Nama Riau menurut Hasan Junus, setidaknya ada tiga kemungkinan asal usul penyebutannya. Pertama, toponomi riau berasal dari penamaan orang Portugis rio yang berarti sungai. Kedua, tokoh Sinbad al-Bahar dalam kitab Alfu Laila Wa Laila menyebut "riahi" untuk suatu tempat di Pulau Bintan, seperti yang pernah dikemukakan oleh almarhum Oemar Amin Hoesin dalam pidatonya ketika terbentuknya Provinsi Riau.
Loading...
www www