Home > Artikel > Potret Riau
Potret Riau
ada-warga-inhil-meyakini-raja-bujang-bukanlah-legenda-tapi-kisah-nyata-siapa-dia
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Sungai Mursi, selalu ada di benak warga Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau. Letak wilayah ini di pesisir Bumi Sri Gemilang sampai sekarang dan diyakini sebagai bukti sahih legenda Raja Bujang.
owh-begini-rupanya-cerita-asal-muasal-minuman-khas-riau-laksamana-mengamuk
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Jangan keburu takut mendengar kata ”Laksamana Mengamuk”. Laksamana Mengamuk bukan berarti ada perang. Di Riau, Laksamana Mengamuk merupakan minuman dari buah kuini (sejenis mangga) dengan kuah santan dan campuran gula merah. Kenapa dinamakan Laksamana Mengamuk? Ini kisahnya.
misteri-lemari-besi-di-istana-siak-yang-hingga-kini-tak-pernah-bisa-dibuka
SIAK, POTRETNEWS.com - Lemari besi umumnya digunakan untuk menyimpan harta berharga para pemiliknya. Namun, ternyata ada sebuah lemari besi milik Kerajaan Siak Sri Indrapura, Riau, yang tidak pernah bisa dibuka hingga saat ini.
beberapa-versi-asalusul-nama-siak-dan-rahasia-yang-belum-terungkap
SIAK, POTRETNEWS.com - Karena sangat terbatasnya bukti-bukti pemberitaan dan peninggalan sejarah yang ditemui, belum dapatnya ditunjukkan suatu kepastian tahun bila sebenarnya Siak atau kerajaan Siak pertama ini timbul.
sejarah-singkat-pt-chevron-pacific-indonesia
Sejarah Singkat PT Chevron Pacific Indonesia
Selasa, 19 Januari 2016 15:23 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Chevron Pacific Indonesia (CPI) adalah anak perusahaan dari Chevron yang bertugas mengeksplorasi minyak yang ada di Riau. Sebelum diambil alih oleh Chevron, perusahaan ini bernama Caltex Pacific Indonesia.
jangan-cobacoba-mengambil-ikan-di-lubuk-larangan-desa-adat-batu-songgan-kampar-sebelum-waktunya
KAMPAR, POTRETNEWS.com – Masih cerita dari Desa Adat Batu Songgan di Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Di sini ada Lubuk Larangan. Lubuk ini merupakan sungai yang tidak boleh diambil ikannya dalam periode tertentu.
kronologi-sejarah-danau-plta-koto-panjang-kampar-riau
KAMPAR, POTRETNEWS.com - Tulisan ini dikutip dari situs Walhi yang berjudul: "Jalan ke Koto Panjang (Kronologi 1979 - 2000)" yang di-publish beberapa tahun silam . Sayang sekalilink ke situs tersebut sudah tidak ada, dan beruntung admin sempat save laman tersebut.
cerita-asal-mula-berdirinya-mesjid-kuning-di-desa-senggoro-bengkalis
BENGKALIS, POTRETNEWS.com - Mesjid Kuning terletak di Desa Senggoro Kecamatan Bengkalis. Mesjid ini berdiri pada tahun 1850 M, pada pertengahan abad ke-19. Mesjid ini pertama kali dibangun oleh Allahyarham Panglima Minal.
cerita-tentang-syekh-ahmad-bunda-dan-mitos-yang-beredar-di-masyarakat-muara-lembu
KUANSING, POTRETNEWS.com - Di Kabupaten Kuantan Singinging (Kuansing) tepatnya di Ibu kota Kecamatan Singingi, Muara Lembu, terdapat sosok ulama berpengaruh yang banyak jasanya dalam menyiarkan ajaran Islam. Syekh Ahmad Bunda yang pernah menulis kitab Alquran dengan tulisan tangan, telah diakui keasliannya dan bernilai tinggi.
apa-itu-jung-katil-salah-satu-tradisi-suku-laut-di-pelalawan
PANGKALANKERINCI, POTRETNEWS.com -Kabupaten Pelalawan di Riau memiliki banyak tradisi yang sangat unik. Salah satunya adalah tradisi Lomba Perahu Layar Jung Katil yang berlangsung di Kecamatan Kualakampar. Jung Katil diartikan sebagai pelayaran mengarungi laut dengan perahu layar.
wwwwww