Home > Artikel > Opini
Opini
pentingnya-strategi-pembelajaran-bahasa-inggris-yang-tepat-bagi-siswa
Oleh Arfadilah*SETIAP manusia adalah unik, memiliki kelebihan, kelemahan dan bakat masing-masing. Begitu juga siswa yang merupakan peserta didik, perlu menjadi perhatian kita selaku guru dalam proses menjadikan mereka sebagai generasi berilmu pengetahuan menjalani hidup dan kehidupan. Dan kita dengan jabatan guru tadi telah diberikan kepercayaan dan tanggung jawab bukan saja di dunia, tapi sampai akhirat sebagai sebab akibat atas tugas kita yang baik lagi memberikan kebaikan.
mengurai-polemik-pindah-memilih
Mengurai Polemik Pindah Memilih
Senin, 29 Januari 2024 14:12 WIB
Oleh Masykurudin Hafidz*TINGKAT partisipasi paling tinggi dalam setiap pemilihan umum adalah menentukan pilihan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Prinsip satu pemilih satu suara satu nilai (one person, one vote, one value) dipastikan dengan pemutakhiran daftar pemilih yang sangat panjang. Selama lima belas bulan dari Desember 2022 hingga pemungutan suara 14 Februari 2024 nanti.
apa-saja-larangan-dalam-kampanye-pemilu-2024-ikepoin-yuki
Oleh Teddy Niswansyah*WARGANET tau nggak, apa saja sih larangan dalam kampanye?. Kampanye yang dilaksanakan oleh peserta Pemilu 2024 berlangsung pada 28 November 2023 sampai dengan 10 februari 2024 mendatang. 
guru-igrowth-mindseti
Guru Growth Mindset
Jum'at, 03 November 2023 05:08 WIB
Oleh Suhartini*Menurut UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pengertian guru adalah tenaga pendidik profesional yang memiliki tugas utama untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
pentingnya-ilmu-pengetahuan-alam-di-sekolah-dasar
Pentingnya Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar
Kamis, 02 November 2023 08:16 WIB
Oleh Suhartini*Ilmu pengetahuan alam atau di singkat IPA adalah ilmu pengetahuan tentang alam dan seisinya yang harus di pelajari dengan tujuan meningkatkan rasa cinta anak pada ilmu pengetahuan alam secara mendasar dan sedini mungkin sehingga siswa dapat terus mempelajari dan dikembangakan,dimodifikasi dibudidayakan sehingga tingkat perguruan tinggi.
urgensi-pendidikan-karakter-bagi-kelangsungan-dan-kemajuan-bangsa-indonesia
Oleh Suhartini*Membentuk siswa yang berkarakter bukanlah hal yang mudah dan cepat. Untuk meraih hal tersebut, perlu dilakukan upaya terus menerus dengan refleksi yang mendalam untuk membuat rentetan keputusan moral yang lebih reflektif. Harapannya, dengan waktu yang ada, suatu pendidikan karakter dapat menjadi sebuah kebiasaan dan membentuk watak seseorang.
Fekah Tepak
Minggu, 15 Oktober 2023 19:30 WIB
Oleh  Syaukani Al Karim*Tepak dalam konsepsi adat Melayu, bukanlah alat untuk meminang, melainkan simbol adat yang digunakan untuk memulai kata-kata dan berunding, apapun yang hendak dirundingkan. Orang Melayu memang menggunakan simbol-simbol dalam menjelaskan dirinya, dan tepak dipilih sebagai simbol dari niat diri. Datang bertepak menandakan bahwa kita hendak berunding dengan cara yang baik, santun, dan ikhlas, sementara kalau datang berkeris dengan hulu siap dipegang, menyimbolkan kita hendak datang bergelanggang. Tuan rumah, dalam konsepsi adat ini, dengan melihat saja apa yang dibawa, sudah dapat menduga maksud baik atau buruk dari yang datang, dari perangkat yang dibawanya.
menyongsong-janji-besar
Menyongsong Janji Besar
Sabtu, 08 Juli 2023 08:18 WIB
Oleh H Azmi Bin Rozali*Dalam waktu yang tidak lama lagi, bangsa Indonesia akan menggelar sebuah hajat besar, yaitu Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan memilih wakil masyarakat di lembaga negara, yaitu DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.
peran-bawaslu-simalungun-dalam-mengawal-hak-pilih-masyarakat-pada-pemilu-serentak-tahun-2024
Oleh Sindro Edwin Saragih*SEMBILAN bulan lagi, tepatnya 14 Februari 2024, rakyat Indonesia akan melangsungkan pesta demokrasi akbar melalui Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak. Hari pemungutan suara itu dihelat bersamaan dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) serta Pemilu Legislatif (Pileg) untuk memilih anggota DPR RI, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD kabupaten/kota, dan anggota DPD RI.
urgensi-ianalog-switch-offi-dalam-efektivitas-komunikasi-penyiaran
Oleh Raga Perwira*Pada zaman yang serba digitalis seperti sekarang ini,telepon pintarsangat digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Kendati demikian, masyarakat Indonesia belum bisa meninggalkan siaran televisi sebagai media untuk menangkap berbagai informasi.
wwwwww