Home > Artikel > Opini
Opini
jabatan-presiden-3-periode-apa-urgensinya
Jabatan Presiden 3 Periode, Apa Urgensinya?
Minggu, 05 September 2021 08:18 WIB
Oleh Eddy Asnawi*PERIODE Jabatan Presien mulai dikutak-katik lagi menjelang Pilpres 2024. Syahwat kekuasaan untuk melegalkan masa jabatan presiden menjadi 3 periode melalui amandemen UUD 1945 sudah mulai dilontarkan ke publik. Wacana ini untuk mengubah ketentuan Pasal 7 UUD 1945: ”Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatan selama lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan”.
sang-penguasa
Sang Penguasa
Sabtu, 04 September 2021 14:25 WIB
Oleh Eddy Asnawi*TANPA disadari kita sedang mengalami distorsi. Apa yang rakyat rasakan, inginkan dalam harapan hidup bernegara ini berbeda haluan dengan kehendak penguasa. ”Disuruh kami berjalan ke Barat, Dia berjalan ke Timur, kami pun menjadi tak tentu arah. Tak ada lagi kata-kata dan perbuatan yang menjadi panutan.”
pentingnya-menata-sistem-penyiaran-di-tengah-serbuan-media-sosial
Oleh Mario Abdillah Khair Saragih*PERKEMBANGAN ilmu pengetahuan membawa dampak besar pada perubahan kultur maupun budaya. Kini kita hidup dalam dunia elektronik yang semakin canggih. Di era milenium kedua saat ini, hal yang sangat dirasakan manusia sejak ditemukannya mesin cetak surat kabar hingga era televisi adalah kemajuan teknologi informasi internet.
kado-hut-ke76-ri-kembalinya-blok-rokan-ke-ibu-pertiwi
Oleh Try Ferayanti*BULAN Agustus merupakan saat yang penuh bersejarah bagi bangsa Indonesia. Karena kemerdekaan bangsa ini diproklamirkan pada 17 Agustus 1945. Rakyat menyambut peringatan ini dengan penuh semangat dan sukacita yang direfleksikan dengan menggelar perlombaan. Secara seremonial, semua komponen anak bangsa diimbau memasang bendera merah putih selama satu bulan penuh dan menggelar upacara bendera tepat di tanggal 17 Agustus.
kedermawanan-indonesia-jadi-asa-bangkit-dari-pandemi
Oleh Agung Kwartatama*SEJAK tahun 2018 hingga tahun ini, menurut AF World Giving Index (WGI) 2021, Indonesia menempati urutan pertama sebagai negara paling dermawan di dunia. CAF juga meneliti dampak Covid-19 terhadap tingkat dermawan masyarakat yang diambil dari survei tahun 2020 silam.
vaksinasi-bukan-tempat-manipulasi
Vaksinasi bukan Tempat Manipulasi!
Kamis, 10 Juni 2021 19:29 WIB
Oleh Viviana Hanifa*PANDEMI Corona Virus Disaese 2019 (Covid-19) telah ditetapkan sebagai bencana non-alam oleh pemerintah, telah terhitung sejak diumumkannya kasus ini pada Maret 2020 setelah terkonfirmasi. Penyebaran Covid-19 tidak hanya berlaku di ibu kota negara, Jakarta, dan kota padat penduduk lainnya, namun kasus virus ini telah menyebar hingga ke pedesaan di daerah terpencil.
pilkada-kabupaten-rokan-hilir-2020-dalam-suatu-perspektif
Oleh Hermanto Uban*PROSESI suksesi kepemimpinan Kabupaten Rokan Hilir Povinsi Riau melalui pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah serentak tahun 2020 telah berakhir.
dulu-oposisi-sekarang-berkomposisi
Dulu Oposisi, Sekarang Berkomposisi
Minggu, 27 Desember 2020 15:22 WIB
Oleh Ofika R Julias*KEKUASAAN merupakan tujuan utama dari adanya partai politik. Kursi kekuasaan yang begitu sedikit, sedangkan manusia begitu haus akan kekuasaan begitu banyak membuat perbuatan kekuasaan semakin tidak sehat.
mendambakan-pemimpin-amanah-negeri-junjungan
Mendambakan Pemimpin Amanah Negeri Junjungan
Selasa, 28 Juli 2020 00:20 WIB
Oleh Khaidir *)SEBAGAI masyarakat watan Kabupaten Bengkalis yang kebetulan saat ini bertugas di luar kabupaten yang berjuluk Negeri Junjungan, perkembangan daerah asal (Bengkalis) tetap menjadi perhatian.
potensi-kredit-macet-di-masa-pandemi-covid19-bagaimana-kebijakan-pemerintah-indonesia
Oleh Citra Murni Rohani Purba*SEJAK Februari 2020, Indonesia sudah mulai waspada terhadap adanya penyebaran Covid-19 yang pertama kali dimulai dari Kota Wuhan China sampai menyebar dan berdampak pada seluruh dunia, termasuk Indonesia.
wwwwww