Home > Artikel > Potret Riau
Potret Riau
kelenteng-hoo-ann-kiong-selatpanjang-diyakini-paling-tua-di-sumatera
SELATPANJANG, POTRETNEWS.com- Dari sekian banyak kelenteng di Pulau Sumatera, Kelenteng Hoo Ann Kiong di Kota Selatpanjang, Pulau Tebingtingg, diklaim sebagai yang paling tua. Umurnya diyakini sekitar 150 tahun, atau sudah berdiri 1 abad lebih lamanya.
sejarah-kota-tua-selatpanjang-berawal-dari-titah-sultan-syarif-ali-kepada-panglima-muda-tengku
SELATPANJANG, POTRETNEWS.com - Kota Selatpanjang merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Kepulauan Meranti, duhulu merupakan salah satu bandar (kota) yang paling sibuk dan terkenal perniagaan di dalam Kesultanan Siak.
bukan-di-depan-kantor-gubernur-atau-eks-bioskop-lativa-inilah-titik-nol-pekanbaru-yang-sebenarnya
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Di mana Titik Nol Kilometer Pekanbaru berada? Nah, ada yang menyebut, berada di Pasar Pusat tepatnya bekas Bioskop Lativa (sekarang Pasar Ramayana), bahkan sekarang Pemerintah Provinsi (Pemrov) Riau justru mengklaim berada di depan kantor Gubernur Riau, Jalan Sudirman, kini berdiri tugu yang dihebohkan sebagai Tugu ”Bahenol”. Dan, namanya kini berubahTugu Titik Nol. Nah, ternyata pengakuan kedua titik nol ini, salah. Lalu, dimana titik nol Pekanbaru ini berada?
menyibak-sejarah-dan-keunikan-suku-asli-di-riau
Menyibak Sejarah dan Keunikan Suku Asli di Riau
Kamis, 24 Desember 2015 23:14 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Bila Anda ditanya tentang suku bangsa yang mendiami Pulau Sumatera, Anda mungkin akan langsung menjawab suku Batak atau suku Minangkabau.
pulau-jemur-dan-legenda-kesaktian-panglima-layar
Pulau Jemur dan Legenda Kesaktian Panglima Layar
Kamis, 24 Desember 2015 22:30 WIB
ROKAN HILIR, POTRETNEWS.com - Kepulauan yang kini menjadi daya tarik populer di Provinsi Riau adalah Kepulauan Arwah di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Kepulauan yang terletak di Selat Malaka itu memiliki sembilan gugusan pulau dan merupakan bagian dari 92 pulau terdepan Indonesia.
sakai-potret-suku-pedalaman-riau-yang-berubah
Sakai, Potret Suku Pedalaman Riau yang Berubah
Rabu, 23 Desember 2015 01:38 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Suku Sakai merupakan salah satu suku asli di Provinsi Riau, selain Suku Akit, Suku Talang Mamak, dan Suku Laut.
bukit-huta-rimba-si-kafir-sejarah-panjang-negeri-pasir-rokan-hulu
ROKAN HULU, POTRETNEWS.com - Hawa segar udara perbukitan sangat terasa di pintu gerbang hutan raya yang berjarak sekitar lima kilometer dari Kota Pasirpengaraian, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, Indonesia.
bagansiapiapi-kota-ikan-nomor-2-dunia-yang-kini-tinggal-sejarah
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Sejarah telah mencatat bahwa Indonesia pernah menjadi ekportir ikan terbesar di dunia setelah Bergen, salah satu kota yang ada di Norwegia. adalah Bagansiapiapi, kota yang menjadi eksportir ikan ini salah satu kota yang moderen karena hasil perikanan.
misteri-legenda-batu-bentuk-kepala-kerbau-di-mesjid-jami-airtiris-kampar-riau
KAMPAR, POTRETNEWS.com - Sebelum ini saya telah menulis beberapa kisah-kisah misteri dan mitos semisal perigi tua yang airnya berkhasiat untuk penyembuhan suatu penyakit yang wujud mesjid-mesjid lama yang berusia ratusan tahun di Pulau Jawa.
dibangun-tahun-1823-kelenteng-in-hok-kiong-saksi-bisu-pendaratan-perantau-tionghoa-di-bagansiapiapi
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Udara lembab menyambut saya begitu menjejakkan kaki di Bagansiapiapi, Ibu Kota Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau. Maklumlah, kota ini baru saja diguyur hujan. Sementara di seantero kota ramai terdengar kicauan serak burung walet.
wwwwww