PotretNews.com Selasa 10 Desember 2019
Home >  Artikel >  Potret Riau
Potret Riau
RENGAT, POTRETNEWS.com - Di antara banyak versi cerita asal-usul suku Talang Mamak, yang cukup populer adalah Putri Pinang Masak. Suku ini tersebar di empat kecamatan yaitu Batang Gansal, Cenaku, Kelayang dan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, dan di Dusun Semarantihan, Desa Suo-Suo, Kecamatan Sumai, Kabupaten Tebo, Jambi.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Entah dari mana asal mulanya, Simpang Palas yang berada di Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Riau, dinamai oleh masyarakat "Simpang Bingung".
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Budaya nenek moyang yang telah ada sejak berabad-abad lamanya sampai saat ini masih menjadi kepercayaan yang melekat pada sebagian besar kalangan masyarakat tanah air.
KAMPAR, POTRETNEWS.com - Secara ilmiah, gelombang bono merupakan salah satu peristiwa alam yang cukup langka dan jarang terjadi. Kita akan menyaksikan sebuah gelombang besar yang layaknya terjadi di tengah laut, namun ini terjadi di sebuah sungai air tawar.
Mengenang Torehan Luka Bagansiapiapi
Jum'at, 12 Februari 2016 11:41 WIB
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Kemerdekaan Indonesia senantiasa diikuti oleh beragam peristiwa bersejarah. Peristiwa bersejarah tersebut merupakan rekam cetak historis yang ditorehkan oleh semangat perjuangan bangsa yang penuh luka-luka. Tak hanya pertempuran-pertempuran politik yang terus bergolak, bahkan konflik antarsuku ternyata juga turut mengharu-biru dalam proses perjuangan bangsa Indonesia.
BENGKALIS, POTRETNEWS.com - Di tengah kenikmatan pesona pantai Lapin, ada kisah cerita masyarakat tentang sejarah putri sembilan yang terkenal dengan kecantikannya. Alkisah, banyak bangsawan terpikat membawa wanita tempatan untuk dijadikan selir.
ROKAN HILIR, POTRETNEWS.com - Pada zaman dahulu, Malaysia dikenal dengan nama Tanah Semenanjung Melayu. Di sana, ada wilayah yang bernama Gunung Ledang. Di Gunung Ledang itu, tersebutlah seorang putri yang beranjak dewasa, Putri Hijau namanya.
Cerita Rakyat Peranap; Penghulu Tiga Lorong...
Jum'at, 29 Januari 2016 16:35 WIB
PERANAP, POTRETNEWS.com – Peranap adalah salah satu kecamatan di Indragiri Hulu (Inhu), Riau, Indonesia. Kecamatan ini juga terkenal dengan sebutan Luhak Tiga Lorong. Disebut demikian, karena pada masa kerajaan Indragiri yang berkedudukan di Pekan Tua, Raja Indragiri yang ke-16, Raja Hasan bergelar Sultan Salehuddin Keramatsyah (1735-1765 M.), mengangkat tiga orang bersaudara menjadi Penghulu di tiga wilayah di Indragiri Hulu.
PERANAP, POTRETNEWS.com - Pada zaman dahulu, nenek moyang Peranap tiba di Peranap menjumpai tanah rawa yang sulit dihuni oleh manusia. Oleh karenanya, mereka berdoa kepada dewata agar rawa tersebut dikeringkan. Ternyata, doa mereka dikabulkan.
INDRAGIRI HILIR, POTRETNEWS.com - Selama ini kita sering mendengar cerita rakyat yang melegenda. Salah satunya, "Jaka Tarub dan Tujuh Bidadari" yang berasal dari Jawa Barat, "Telaga Bidadari" dari Kabupaten Kandangan Kalimantan Selatan (Kalsel), maupun legenda dan cerita rakyat yang menjadi kekayaan negeri nusantara ini.
Loading...
www www