PotretNews.com Jum'at 24 Mei 2019
Home > Artikel > Potret Riau
Potret Riau
kisah-suku-anak-rawa-penemu-danau-zamrud-hingga-jelmaan-harimau
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Suku Anak Rawa atau yang dulunya disebut Suku Akit berada jauh di pedalaman Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Untuk ke sana, dibutuhkan waktu empat jam perjalanan darat dari Kota Pekanbaru. Di sana sangat kental dengan tradisi lama, ajaran turun temurun dari para leluhur mereka.
jejak-pekanbaru-dari-zaman-ke-zaman-1886-1928-1930-dan-ruko-pertama
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Eliza Netscher (1825-1880), seorang Sekretaris Jenderal Belanda di Batavia (1848) dan pernah menjabat sebagai Residen Wilayah Riau (1861-1870), dalam bukunya De Nederlander in Djohor En Siak (1602-1865) menyebutkan, di abad ke-17 nama Senapelan sudah dikenal sampai ke Melaka dan Johor dengan sebutan Chinapalla.
galangan-kapal-tradisional-di-bagansiapiapi-jejak-pendaratan-tionghoa-dan-sisa-kejayaan-surga-ikan
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Jika Kalimantan mempunyai Singkawang dengan nuansa Kota Pecinaan yang kental, Sumatera memiliki Bagansiapiapi yang memiliki nuansa perkotaan yang membuat setiap pengunjung yang datang ke kota ini serasa berada di daratan China.
memburu-sisa-sejarah-di-bukit-rimbang-bukit-baling-kisah-romusha-bangun-rel-kereta-api
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Lokomotif tua itu terpajang di atas beton, tidak ada gerbong, rel sepanjang 6 meter pun cukup jadi tempat bertengger, bagian roda tampak ditumbuhi lumut.
bukit-rimbang-baling-di-kampar-saksi-sejarah-tewasnya-ribuan-romusha-karena-kelaparan
KAMPAR, POTRETNEWS.com - Ribuan warga sebagai buruh kerja paksa Jepang tahun 1942 membangun rel kereta api dari Pintu Batu, Sijunjung, SumatEra Barat hingga ke Logas Kecamatan Singingi dan Pekanbaru. Kebanyakan di antara mereka tewas karena kelaparan saat bekerja.
mitos-lelo-datuok-rajo-koto-yang-kesohor-di-kalangan-warga-kampar
BANGKINANG, POTRETNEWS.com - Warga Kampar heboh. Suara "Lelo Datuok Rajo Koto" terdengar. Berdasarkan cerita dari mulut ke mulut, itu pertanda bakal ada banjir besar. Mitos terdengarnya suara letusan meriam (dalam bahasa Kampar disebut "lelo") terdengar di Kabupaten Kampar, Selasa (9/1/16) lalu sekira Pukul 11.40 WIB.
sejarah-berdirinya-mesjid-agung-an-nur-pekanbaru-nan-megah
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Secara historis, rencana untuk mendirikan Mesjid Agung An Nur telah ada sejak tahun 1963. Namun baru direalisasikan pada tahun 1966 ketika Kaharuddin Nasution menjadi Gubernur Riau.
daftar-nama-kelurahan-kecamatan-dan-kode-pos-sekota-pekanbaru
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Berikut ini adalah daftar nama-nama kelurahan/desa dan kecamatan beserta nomor kode pos (postcode/zip code) pada Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Republik Indonesia.
ini-alamat-smp-dan-sma-negeri-di-pekanbaru
Ini Alamat SMP dan SMA Negeri di Pekanbaru
Sabtu, 20 Februari 2016 00:17 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Berikut adalah daftar nama dan alamat sekolah setingkat SMP dan SMA/MAN yang ada di Kota Pekanbaru, Riau:
putri-pinang-masak-cerita-asalusul-suku-talang-mamak
RENGAT, POTRETNEWS.com - Di antara banyak versi cerita asal-usul suku Talang Mamak, yang cukup populer adalah Putri Pinang Masak. Suku ini tersebar di empat kecamatan yaitu Batang Gansal, Cenaku, Kelayang dan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, dan di Dusun Semarantihan, Desa Suo-Suo, Kecamatan Sumai, Kabupaten Tebo, Jambi.
wwwwww