Home > Artikel > Potret Riau
Potret Riau
melongok-sejarah-berdirinya-kabupaten-kampar
Melongok Sejarah Berdirinya Kabupaten Kampar
Senin, 30 November 2015 10:09 WIB
KAMPAR, POTRETNEWS.com - Kabupaten Kampar adalah salah satu Kabupaten di propinsi Riau resmi terbentuk pada 6 Februari 1950. Pengesahannya tertuang dalam Perda Kabupaten Kampar Nomor 02 tahun 1999 dengan rujukan Undang-Undang Ketetapan Gubernur Militer Sumatera Tengah, Nomor: 3/DC/STG/50 tanggal 06 Februari 1950.
kisah-instrumen-musik-komet-buatan-jerman-tahun-1800an-di-istana-siak-yang-tinggal-satu-di-dunia
SIAK, POTRETNEWS.com - Istana Siak, Kota Siak Sri Indrapura, Riau didalamnya banyak terdapat benda-benda klasik bersejarah. Salah satunya terdapat alat musik semacam gramofon yang dinamakan "Komet".
asalusul-nama-siak-dan-kisah-sultan-yang-menyumbang-nkri-sebesar-3-kali-nilai-kompleks-gedung-sate
SIAK, POTRETNEWS.com - Kerajaan Siak Sri Indrapura didirikan pada tahun 1723 M oleh Raja Kecik yang bergelar Sultan Abdul Jalil Rahmat Syah putera Raja Johor (Sultan Mahmud Syah) dengan istrinya Encik Pong, dengan pusat kerajaan berada di Buantan.
rumah-kapitan-di-bagansiapiapi-terbiar-dan-membisu
Rumah Kapitan di Bagansiapiapi Terbiar dan Membisu
Jum'at, 27 November 2015 09:17 WIB
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Rumah itu sebagian besarnya berbahan dasar kayu. Hanya tangga yang terbuat dari batu sampai ke ujung jalan sepanjang lebih kurang 20 meter dan lantai depan dibaluti lempengan marmer warna putih.
owh-ternyata-ada-tugu-perjanjian-dengan-setan-di-bagansiapiapi-berikut-kisah-yang-terungkap
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Pada awal Tahun Naga tahun 1928 terjadi kehebohan di Kota Bagansiapiapi (sekarang masuk wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Riau). Yang menjadi sasaran adalah tempat-tempat perjudian, tempat minum-minuman keras, rumah-rumah bordil, tempat pengisapan candu, dan hiburan lainnya.
sejarah-bagansiapiapi-dari-pendaratan-perantau-tionghoa-hingga-kisah-kunangkunang
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Kota ini dibentuk oleh pendatang asal daratan China pada akhir tahun 1800-an. Menurut cerita masyarakat Bagansiapiapi secara turun- temurun, nama Bagansiapiapi erat kaitannya dengan cerita awal kedatangan orang Tionghoa ke kota itu.
sekelumit-sejarah-kampung-ongah-kabupaten-rokan-hilir
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Negeri-negeri di sepanjang Sungai Rokan di Riau umumnya baru mulai disebut sebut setelah Kerajaan Suwarnabhumi runtuh pada abad ke-14 M. Negeri-negeri yang berada di bawah pengaruhnya kemudian melepaskan diri.
sejarah-pacu-jalur-kuansing-dan-kisah-perayaan-wajib-di-hari-kelahiran-ratu-belanda-wihelmina
TELUKKUANTAN, POTRETNEWS.com - Sejarah Pacu Jalur berawal abad ke-17. Ketika itu, jalur merupakan alat transportasi utama warga desa di Rantau Kuantan. Lokasi desa itu yakni daerah di sepanjang Sungai Kuantan yang terletak antara Kecamatan Hulu Kuantan di bagian hulu hingga Kecamatan Cerenti di hilir. Saat itu memang belum berkembang transportasi darat.
ayo-berkunjung-ke-lipatkain-di-riau-kota-khatulistiwa-yang-tidak-dianggap
LIPATKAIN, POTRETNEWS.com - Lipatkain. Mendengar kata itu mungkin yang tergambar di benak orang-orang adalah tukang cuci sedang melipati pakaian yang habis disetrika, atau mungkin terbayang maling jemuran sedang menyusun hasil kejahatannya.
inilah-empat-versi-asal-mula-nama-kuantan
Inilah Empat Versi Asal Mula Nama Kuantan
Senin, 23 November 2015 09:23 WIB
KUANSING, POTRETNEWS.com - Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) adalah salah satu kabupaten di Povinsi Riau, Indonesia. Disebut pula dengan Rantau Kuantan atau sebagai daerah perantauan orang-orang Minangkabau (Rantau nan Tigo Jurai).
wwwwww