PotretNews.com Selasa 24 April 2018

Begini Kisah Putri Kaca Mayang yang Ditabalkan Jadi Nama Taman Hiburan Kesohor di Pekanbaru

Begini Kisah Putri Kaca Mayang yang Ditabalkan Jadi Nama Taman Hiburan Kesohor di Pekanbaru

Makam Putri Kaca Mayang di Kabupaten Siak.

Senin, 04 Januari 2016 00:09 WIB
SIAK, POTRETNEWS.com - Makam Putri Kaca Mayang berada di Desa Gasib Kecamatan Kotogasib Kabupaten Siak, Riau, untuk menjumpai makam ini tidaklah begitu sulit. dari Pekanbaru menuju pemakaman ini dapat ditempuh dengan perjalanan 2 jam.Panduan yang paling mudah untuk menemui makam ini adalah Tugu Perbatasan Kecamatan Tualang dan Kotogasib. Berselang 1 km dari tugu perbatasan tersebut dapat kita jumpai sebuah Tugu yang berbentuk mahkota dan juga rambu petunjuk informasi Makam Putri Kaca Mayang, dan dari tugu tersebut perjalanan kita lanjutkan ke arah dalam menuju areal Pabrik Kelapa Sawit PT Kimia Tirta Utama, diperkirakan jarak dari Tugu ke Makam Putri Kaca Mayang sejauh 10 km.

Akses menuju makam ini bisa dikatakan cukup baik, karena jalan yang kita lalui adalah jalan milik perusahaan. Sepanjang perjalanan menuju Makam kita akan menjumpai perkebunan kelapa sawit dan juga infrastruktur milik perusahaan.

Konon Putri Kaca Mayang merupakan putri yang cantik dan merupakan putri dari Raja Gasib. Keberadaan Putri Kaca Mayang dianggap sebagai sosok yang misterius bagi warga Gasib.

Ads
Menurut warga Gasib, dulunya di sekitar Makam Putri Kaca Mayang ditemukan benteng dan juga bekas puing-puing kerajaan. Namun kini semuanya telah sirna dan hilang, karena minimnya pengetahuan masyarakat sekitar mengenai sejarah dan cagar budaya.

Kini, nama Putri Kaca Mayang dijadikan sebuah nama tempat hiburan di Kota Pekanbaru, yaitu Taman Ria Putri Kaca Mayang, namun keberadaan taman ini, konon, akan digusur. Taman Ria Putri Kaca Mayang akan dijadikan sebuah Taman Kota nantinya. ***

Sumber dan foto:
www.riaudailyphoto.com

loading...
(M Yamin Indra)
Kategori : Potret Riau
DPRD Kabupaten Siak 2018
wwwwww