Home > Artikel > Potret Riau
Potret Riau
ini-asal-mula-sebutan-bumi-lancang-kuning-nama-lain-dari-provinsi-riau
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Lancang Kuning berlayar malam. Haluan menuju ke lautan dalam. Kalau nakhoda kuranglah paham. Alamat kapal akan tenggelam. Lancang kuning menentang badai. Tali kemudi berpilit tiga.
sejarah-tenun-songket-sampai-ke-tanah-melayu-siak-dibawa-orang-dari-kerajaan-terengganu
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Orang pertama yang memperkenalkan tenun ini adalah seorang pengrajin yang didatangkan dari Kerajaan Terengganu Malaysia pada masa Kerajaan Siak diperintah oleh Sultan Sayid Ali.
kisah-pendiri-mesjid-jami-airtiris-kampar-yang-berdarah-batak-mandailing-dan-punya-karomah
KAMPAR, POTRETNEWS.com - Inilah sepenggal kisah pendiri Mesjid Jami’ di Kelurahan Airtiris, Kabupaten Kampar, Riau. Pendirinya adalah Datuk Ongku Mudo (OM) Songkal yang berdarah Batak.
sejarah-tenun-songket-sampai-ke-tanah-melayu-siak-dibawa-orang-dari-kerajaan-terengganu
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Orang pertama yang memperkenalkan tenun ini adalah seorang pengrajin yang didatangkan dari Kerajaan Terengganu Malaysia pada masa Kerajaan Siak diperintah oleh Sultan Sayid Ali.
tangsi-saksi-bisu-kejayaan-kolonial-belanda-di-negeri-istana-kabupaten-siak-yang-menyimpan-sejuta
SIAK SRI INDRAPURA, POTRETNEWS.com - Bangunan tangsi (asrama, penjara, barak, red) yang terdapat di Kampung Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak Provinsi Riau, merupakan saksi bisu peninggalan kolonial Belanda yang hingga hari ini masih menyimpan sejuta misteri, tahun berapa didirikan?. Dan siapa pendirinya?.
sejarah-desa-merbau-kabupaten-meranti-bersiram-darah-kisah-pertarungan-2-panglima-demi-gadis-cantik
MERANTI, POTRETNEWS.com - Bicara tentang cerita rakyat pasti tidak ada habisnya. Cerita masa lalu yang bukan hanya dongeng sebelum tidur, tetapi sejarah yang bisa dijadikan pedoman hidup dimasa depan. Kali ini cerita yang akan diangkat berasal dari Desa Merbau Kecamatan Pulau Merbau (sekarang masuk wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau).
legenda-kerajaan-sri-bunga-tanjung-kisah-heroik-pelayaran-dari-muara-takus-ke-sungai-dumai
DUMAI, POTRETNEWS.com - Di sebuah negeri kecil bernama ”Durian Bertakuk Raja” dekat muara takus (sekarang masuk Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar, Riau), tersebutlah sebuah kerajaan kecil yang disebut-sebut punya hubungan yang erat dengan munculnya kerajaan Sri Bunga Tanjung di hulu sungai Dumai.
asalusul-nama-tembilahan-dan-kisah-pendaratan-warga-india-di-tanah-indragiri
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Banyak yang tidak tau asal muasal Nama ”Tembilahan” yang kini menjadi nama Ibu Kota Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau.
gadis-muslim-di-kabupaten-siak-akan-malu-nikah-sebelum-khatam-alquran
SIAK, POTRETNEWS.com - Prosesi pernikahan sering berlangsung dengan adat tertentu. Adat tersebut berdasar pada kebiasaan seseorang sesuai tempat kelahiran yang tentu berbeda antara satu orang dengan lainnya.
rumah-tua-suku-melayu-masih-dijumpai-di-kawasan-tanjungrhu-pekanbaru
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Rumah Tua, merupakan rumah asli Suku Melayu Riau. Beberapa rumah tua ini dapat kita jumpai di sepanjang Jalan Tanjungbatu, Kelurahan Tanjungrhu, Kecamatan Lima Puluh, Pekanbaru.
wwwwww