Home > Artikel
Artikel
pilkada-dan-perilaku-elite-lokal
Pilkada dan Perilaku Elite Lokal
Kamis, 21 Oktober 2021 14:13 WIB
Oleh Eddy Asnawi*SESUATU yang diharapkan dalam Pilkada langsung oleh rakyat dengan asumsi akan lebih demokratis, aspiratif, dan legimate. Ternyata mendorong berjangkitnya moral pragmatisme, Moral pragmatisme inilah yang membuat politik uang mewarnai setiap Pilkada, mengekalkan oligarki kekuasaan, menelan anggaran yang sangat tinggi dan memicu politisasi birokrasi.
8-referensi-kursus-bahasa-mandarin
8 Referensi Kursus Bahasa Mandarin
Kamis, 14 Oktober 2021 20:18 WIB
TIDAK heran jika ada banyak yang tertarik untuk mempelajari atau kursus Bahasa Mandarin. Karena bagi banyak orang belajar bahasa yang berbeda memiliki banyak kelebihan.
jabatan-presiden-3-periode-apa-urgensinya
Jabatan Presiden 3 Periode, Apa Urgensinya?
Minggu, 05 September 2021 08:18 WIB
Oleh Eddy Asnawi*PERIODE Jabatan Presien mulai dikutak-katik lagi menjelang Pilpres 2024. Syahwat kekuasaan untuk melegalkan masa jabatan presiden menjadi 3 periode melalui amandemen UUD 1945 sudah mulai dilontarkan ke publik. Wacana ini untuk mengubah ketentuan Pasal 7 UUD 1945: ”Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatan selama lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan”.
sang-penguasa
Sang Penguasa
Sabtu, 04 September 2021 14:25 WIB
Oleh Eddy Asnawi*TANPA disadari kita sedang mengalami distorsi. Apa yang rakyat rasakan, inginkan dalam harapan hidup bernegara ini berbeda haluan dengan kehendak penguasa. ”Disuruh kami berjalan ke Barat, Dia berjalan ke Timur, kami pun menjadi tak tentu arah. Tak ada lagi kata-kata dan perbuatan yang menjadi panutan.”
pentingnya-menata-sistem-penyiaran-di-tengah-serbuan-media-sosial
Oleh Mario Abdillah Khair Saragih*PERKEMBANGAN ilmu pengetahuan membawa dampak besar pada perubahan kultur maupun budaya. Kini kita hidup dalam dunia elektronik yang semakin canggih. Di era milenium kedua saat ini, hal yang sangat dirasakan manusia sejak ditemukannya mesin cetak surat kabar hingga era televisi adalah kemajuan teknologi informasi internet.
sabun-cuci-piring-organik-yang-aman-untuk-kulit
Sabun Cuci Piring Organik yang Aman untuk Kulit
Jum'at, 20 Agustus 2021 20:08 WIB
Pengguna sabun cuci piring dalam kegiatan sehari-hari tidak akan pernah bisa dilepaskan. Tanpa sabun cuci piring makan perabotan rumah tangga bekas masak dan makan akan tergeletak kotor dimana-mana, dan jika lama dibiarkan akan menimbulkan bau busuk serta kuman yang berjamur perabotan kotor tersebut.
kado-hut-ke76-ri-kembalinya-blok-rokan-ke-ibu-pertiwi
Oleh Try Ferayanti*BULAN Agustus merupakan saat yang penuh bersejarah bagi bangsa Indonesia. Karena kemerdekaan bangsa ini diproklamirkan pada 17 Agustus 1945. Rakyat menyambut peringatan ini dengan penuh semangat dan sukacita yang direfleksikan dengan menggelar perlombaan. Secara seremonial, semua komponen anak bangsa diimbau memasang bendera merah putih selama satu bulan penuh dan menggelar upacara bendera tepat di tanggal 17 Agustus.
kedermawanan-indonesia-jadi-asa-bangkit-dari-pandemi
Oleh Agung Kwartatama*SEJAK tahun 2018 hingga tahun ini, menurut AF World Giving Index (WGI) 2021, Indonesia menempati urutan pertama sebagai negara paling dermawan di dunia. CAF juga meneliti dampak Covid-19 terhadap tingkat dermawan masyarakat yang diambil dari survei tahun 2020 silam.
5-tips-mengatur-keuangan-untuk-persalinan
5 Tips Mengatur Keuangan untuk Persalinan
Sabtu, 14 Agustus 2021 10:21 WIB
MELAHIRKAN buah hati merupakan impian setiap perempuan di dunia. Meskipun harus mempertaruhkan nyawa, tetapi momen yang satu ini merupakan kesempatan yang sangat langka sehingga harus dipersiapkan secara matang sejak lama. Ada beberapa persiapan persalinan yang harus diperhatikan oleh semua calon ibu, mulai dari perlengkapan bayi hingga biaya persalinan, semuanya harus Anda perhitungkan dengan baik.
ketahui-potensi-wakaf-uang-di-indonesia-yang-luar-biasa
SEJAUH ini, potensi wakaf uang belum digunakan secara optimal. Yang mana pemanfaatannya masih terbatas pada sektor sosial, terutama untuk keperluan peribadatan seperti pembangunan masjid, madrasah, atau makam. Padahal umat muslim di Indonesia sudah cukup lama mempraktikkan wakaf uang pada kehidupan sehari-harinya. Lalu bagaimana agar penyaluran wakaf uang bisa berjalan secara efektif?
wwwwww