Trik Menghemat Budget saat Liburan

Trik Menghemat Budget saat Liburan

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/liburan-kacamata-hitam-wanita-topi-4127643/

Kamis, 13 Januari 2022 20:07 WIB

Bagi Anda yang memiliki budget terbatas, tentu saja harus tahu strategi penghematan biaya pengeluaran saat liburan. Karena sesungguhnya, ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk tetap berhemat meski sedang liburan.

Hemat Budget Meski Sedang Liburan

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa liburan akan menghabiskan banyak uang. Lalu biaya yang mahal jadi momok menakutkan untuk tetap pergi liburan padahal ini merupakan hobi anda. Tenang saja, berikut akan dijelaskan beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk tetap hemat meski sedang liburan.

1. Pilih Lokasi Wisata

Yang pertama dan perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan survei terlebih dahulu pada destinasi wisata. Anda bisa mencari informasi tempat liburan yang menyenangkan dari internet, misalnya sosial media ataupun bertanya kepada teman. Dengan mengetahui secara spesifik tempat liburan yang akan didatangi, Anda juga akan lebih mudah untuk menghitung biaya atau anggaran saat liburan.

Cara seperti ini juga bisa anda andalkan untuk tahu tempat-tempat mana yang memberikan banyak promo dan diskon, baik untuk transportasi hingga penginapan. Jadi sejak awal berencana pergi liburan, bahkan Anda sudah antisipasi untuk menghemat biaya.

2. Cari Tempat Wisata Gratisan

Ada banyak tempat yang bisa anda explore saat liburan. Untuk penghematan budget, maka aktivitas yang bisa anda lakukan yaitu dengan memilih tempat-tempat liburan yang sekiranya tidak mengenakan biaya tiket masuk alias gratis.

Hal ini sebenarnya punya kaitan dengan poin yang sebelumnya dibahas, Anda bisa melakukan riset untuk menemukan tempat-tempat wisata gratis. Jadi saat liburan anda tidak perlu memikirkan tiket biaya masuk hingga biaya parkir.

3. Jangan Pergi Saat Musim Liburan

Untuk menghindari biaya transportasi dan menginap yang mahal, jangan bepergian saat musim liburan. Karena bepergian saat high season, tentu saja biayanya akan lebih mahal dibanding low season. Ini tentu saja tidak cocok dengan Anda yang sedang ingin hemat budget.

Terlebih ketika bepergian liburan saat sudah lewat musim liburan, jauh lebih menyenangkan. Alasannya karena tempat-tempat wisata biasanya lebih sepi sehingga Anda bisa lebih menikmati tempat wisata yang dikunjungi. Bisa dibilang, kurang seru jika anda berkunjung ke sebuah tempat wisata yang sedang ramai sekali pengunjungnya.

4. Catat Pengeluaran

Untuk mengetahui biaya yang akan dihabiskan saat liburan, maka sangat baik untuk mencatat pengeluaran. Jangan anggap sepele mencatat biaya pengeluaran agar pengelolaan keuangan anda tetap aman meski bepergian. Anda harus mencatat biaya pengeluaran secara mendetail, baik untuk biaya yang kecil maupun besar.

Dengan begini, maka anda bisa tahu berapa uang yang akan dikeluarkan dan bisa meminimalisir untuk mengeluarkan biaya pada kegiatan yang kurang penting. Anda juga lebih mudah untuk memantau pengeluaran dengan catatan ini.

5. Bawa Barang Secukupnya

Saat liburan, penting untuk membawa barang yang dibutuhkan saja. Pada beberapa orang yang umumnya jarang liburan, sering kalap untuk membawa semua barang-barang yang mungkin saja tidak dibutuhkan di sana.

Ketika anda membawa banyak barang apalagi jika ingin naik pesawat, ditakutkan akan menambah biaya bagasi. Karena adanya tambahan untuk membayar kelebihan bagasi umumnya cukup tinggi.

Itu tadi 5 hal yang bisa anda pelajari supaya tetap memiliki budget yang hemat saat liburan. Bagi yang sedang ingin liburan tapi tidak punya dana, solusinya adalah dengan memilih Tunaiku. Tunaiku merupakan salah satu produk dari PT Bank Amar Indonesia Tbk. Solusi keuangan ini akan membantu anda untuk mendapatkan pinjaman lebih mudah dan juga praktis.

Tidak hanya itu saja, Tunaiku memberikan tenor cicilan yang panjang bahkan hingga 20 bulan. Untuk keamanannya sudah pasti terjamin, karena PT Bank Amar Indonesia Tbk sudah terdaftar di OJK sebagai bank umum konvensional. Informasi lengkap, segera Unduh Tunaiku di Playstore sekarang juga. ***

Kategori : Wisata
wwwwww