5 Kelebihan dan Kekurangan HP Layar Lipat pada 2022

5 Kelebihan dan Kekurangan HP Layar Lipat pada 2022

https://www.pexels.com/photo/close-up-shot-of-a-person-holding-a-smartphone-4716356/

Minggu, 23 Januari 2022 13:06 WIB
HP layar lipat kini mulai muncul kembali ke permukaan setelah dikembangkan pertama kali pada dekade 90-an. Hp layar lipat banyak dikenalkan oleh produsen smartphone seperti Samsung, Huawei, hingga Motorola dengan konsep dan spesifikasi yang jauh lebih baik.
Namun smartphone layar lipat ini masih menjadi perdebatan di kalangan masyarakat. Ada yang beranggapan bahwa produk ini lebih unggul dibandingkan smartphone biasa. Namun ada juga yang ber-opini bahwa kualitas ponsel lipat ini tidak bagus.

Padahal smartphone layar lipat terus meningkatkan teknologi yang dimilikinya seiring dengan perkembangan zaman. Konsep yang diusung pun cocok untuk dibawa kemana-kemana secara fleksibel tanpa membutuhkan space yang luas.

Nah untuk mengetahui bagaimana pro dan kontra adanya smartphone lipat, yuk simak informasi lengkap yang akan kami bahas di bawah ini tentang kelebihan dan kekurangan HP dengan layar lipat atau flip.

Kelebihan HP Layar Lipat saat Ini

Ponsel flip hadir dengan bentuk yang unik karena bisa dilipat. Dibalik kontroversi yang ada, ternyata ponsel flip ini memiliki sejumlah kelebihan yang dapat Anda pertimbangkan. Adapun beberapa kelebihan ponsel flip screen adalah sebagai berikut.

1. Perlindungan Lebih Baik untuk Layar

Karena dapat dilipat menjadi dua, maka layar yang digunakan pun memiliki perlindungan yang lebih baik dibandingkan ponsel pintar pada umumnya. Dengan adanya perlindungan ini membuat layar akan terhindar dari gesekan, goresan, hingga tekanan benda saat smartphone tersebut diraih. Tidak hanya itu, flip screen juga memiliki perlindungan gorilla glass.

2. Tingkat Refresh Rate Tinggi

Selain memiliki proteksi layar yang canggih, HP flip screen juga dibekali dengan tingkat refresh rate yang tinggi. Refresh rate pada layar AMOLED ini akan memberikan kenyamanan di mata penggunanya. Bahkan hal ini dipadukan dengan penggunaan daya yang lebih hemat.

3. Tampilan Warna yang Lebih Baik

Layar AMOLED yang disematkan pada smartphone flip ini menyuguhkan tampilan warna yang lebih jernih dengan kontras yang lebih tinggi. Tentunya dengan kondisi tampilan seperti ini akan membuat warna yang dihasilkan tampak lebih natural dan kecerahan warna yang pas.

4. Ukuran Layar Fleksibel

Yang menarik dari flip screen Android adalah ukuran layarnya yang lebih besar tetapi bisa diringkas saat Anda membawanya. Dengan ukuran yang lebar ini, memudahkan Anda saat multitasking. Namun tetap memberikan kenyamanan saat hendak membawanya karena bisa dilipat menjadi ukuran yang lebih kecil.

5. Performa Bagus

Karena didesain untuk melakukan beberapa aktivitas dalam satu layar, maka ponsel layar lipat ini dirancang khusus dengan chipset berteknologi tinggi seperti Snapdragon 85++. Jenis chipset yang satu dikenal memiliki performa yang unggul dan bisa digunakan untuk membuka banyak aplikasi dalam satu waktu.

Dibalik 5 kelebihan hp layar lipat di atas, ternyata ponsel ini juga memiliki sejumlah kekurangan yang tidak kalah wajibnya untuk Anda pertimbangkan. Dengan demikian, langsung saja simak ulasan selanjutnya berikut ini tentang kekurangan ponsel layar lipat.

Kekurangan HP Layar Lipat (Flip Screen)

Sudah bukan hal aneh lagi jika ada sebuah teknologi baru akan muncul pro dan kontra di kalangan masyarakat yang hendak membeli smartphone. Namun hal ini harus Anda ketahui agar nantinya bisa mempertimbangkan jenis ponsel apa yang cocok digunakan untuk jangka panjang.

1. Harga yang Mahal

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa smartphone flip screen ini dirancang untuk multitasking yang dipadukan dengan teknologi tinggi. Karena hal inilah yang membuat harganya juga semakin tinggi. Meskipun begitu, Anda tidak akan menyesal karena performa yang diberikan sangat memuaskan.

2. Daya Tahan Kurang

Masih karena alasan yang sama, smartphone flip screen ini akan lebih banyak dilipat dan direntangkan jika Anda hendak melakukan multitasking yang menyebabkan daya tahannya berkurang. Semakin banyak Anda meluruskan dan melipat ponsel maka akan semakin tinggi kemungkinan layar mengalami kerusakan.

3. Ukuran Layar Besar

Bagi Anda yang tidak menyukai ponsel berlayar besar, maka smartphone flip screen bukan jawabannya. Meskipun bisa dilipat, tetapi smartphone ini tetap akan berukuran lebih besar dibandingkan ponsel pada umumnya.

4. Layar Kedua Terlalu Kecil

Layar AMOLED yang digunakan memang memiliki kualitas yang baik. Namun ternyata jika diperhatikan saat kedua layar tersebut dipisah maka ukurannya akan terlihat terlalu kecil dan tidak pas untuk ukuran tangan pada umumnya.

5. Fast Charging 15W

Yang perlu Anda perhatikan saat membeli sebuah smartphone adalah fitur fast charging. Dan ternyata kebanyakan handphone flip screen hanya memiliki fitur fast charging 15W saja. Tentu saja ini bukanlah teknologi terbaik untuk ponsel dengan spesifikasi canggih.

Meskipun ponsel layar lipat ini memiliki kekurangan, tetapi Anda tetap bisa menikmatinya karena smartphone ini memiliki kelebihan yang tidak boleh diragukan. Tidak hanya dipadukan dengan chipset yang unggul, layarnya pun memiliki kualitas terbaik.

Nah jika Anda tertarik untuk menggunakan smartphone flip screen, kini telah hadir Samsung Galaxy Z Flip 3. Smartphone Samsung Galaxy Z Flip 3 ini digadang-gadang sebagai ponsel lipat terbaik dan paling unggul untuk produk sejenisnya.

Anda bisa mendapatkan produk ini dengan mudah di Blibli. Sebagai salah satu marketplace terbaik dan terpercaya di Indonesia, Blibli hadir dengan produk elektronik yang super lengkap dan tentunya original dari seller resmi. Jadi Anda tidak perlu takut akan penipuan yang marak terjadi.

Tidak hanya itu, Blibli juga selalu terdepan dalam memberikan promo menarik untuk pelanggannya. Anda bisa merasakan banyak pilihan promo fantastis seperti cashback, potongan harga atau diskon, hingga gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Menarik sekali, bukan?

Yuk rasakan kelebihan yang ditawarkan oleh hp layar lipat Samsung Galaxy Z Flip 3 bersama Blibli sekarang juga. Dan jangan lupa untuk klaim promo menarik agar bisa belanja dengan harga yang murah meriah di Blibli. ***

Kategori : Teknomotif
wwwwww