Home > Artikel > Opini
Opini
pemilu-kian-dekat-sudah-siapkan-generasi-milenial-dan-genz
Oleh Ofika Rahmat JuliasMENUJU perhelatan pemilu 2024 menjadi sangat krusial bagi kaum muda di tengah tongkrongan mereka, terlebih lagi bagi mereka yang menantikan sosok figur yang akan memimpin Indonesia maupun daerahnya masing-masing. Bahkan, saat ini banyaknya anak muda yang sangat antusias di dunia politik bukan sekedar menjadi pemilih namun ada dari mereka yang berani tampil menjadi figur untuk mendapatkan posisi di parlemen.
masa-pemulihan-ekonomi-sudah-tepatkah-bbm-naik
Masa Pemulihan Ekonomi; Sudah Tepatkah BBM Naik?
Selasa, 13 September 2022 08:06 WIB
Oleh Ofika Rahmat JuliasPEMERINTAH secara resmi telah mengeluarkan ketetapan tentang kenaikan harga produk bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi maupun nonsubsidi. Pengumuman terhadap kenaikan bahan bakar minyak atau BBM berlaku satu jam setelah pengumuman tentang kenaikan harga BBM pada hari Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30 WIB, disampaikan oleh menteri ESDM bersama presiden Joko Widodo dan para menteri lainnya.
mengapa-kurikulum-selalu-berubah
Mengapa Kurikulum Selalu Berubah?
Minggu, 24 Juli 2022 09:26 WIB
Oleh Yasriana RatihKURIKULUM adalah hal yang sangat penting dalam pendidikan, sehingga kurikulum sering dinyatakan sebagai jantungnya pendidikan.Apa itu kurikulum?Kurikulum adalah pedoman pelaksanaan pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu dari pendidikan. Menurut Olivia (1997:12 dalam Hasan, tt: 2) kurikulum adalah sebuah bangunan atau konsep atau verbalisasi ide yang sangat kompleks atau juga seperangkat ide. Jadi, dapat kita ketahui bahwa kurikulum adalah suatu perangkat dalam pembelajaran yang sangat penting dalam mencapai apa yang diharapkan.
idul-fitri-kembali-ke-titik-nol
Idul Fitri: Kembali ke Titik Nol
Jum'at, 29 April 2022 20:43 WIB
Oleh Eddy AsnawiTanpa terasa kita sudah memasuki penghujung ramadhan, tinggal hitungan hari, yang dinantikan pun akan tiba, Hari Raya Idul Fitri. Seiring datangnya Hari Raya Idul Fitri, kembali terdengar suara-suara takbir dan tahmid berkumandang di setiap masjid-masjid negeri muslim ,mengagungkan kebesaran Illahi. Terasa alunan takbir menggetarkan hati kaum muslimin yang baru saja melepas kepergian bulan Ramadhan yang sangat dirindukan dan dinantikan kedatangannya.
defisit-negarawan-soal-jabatan-presiden-3-periode
Oleh Eddy AsnawiNAMPAKNYA gagasan untuk memperpanjang masa jabatan Presiden Jokowi menjadi 3 periode, plus soal penundaan pemilu, hanya sebatas wacana yang berembus di lingkaran kekuasaaan saja, narasinya hanya berputar-putar di atas singgasana pusat kekuasaan tanpa agenda yang jelas.
menyoroti-urgensi-pembangunan-ikn
Menyoroti Urgensi Pembangunan IKN
Jum'at, 01 April 2022 07:43 WIB
Oleh Ofika Rahmat Julias*PEMINDAHAN Ibu Kota Negara (IKN) dari DKI Jakarta telah direncanakan oleh Presiden Joko Widodo sejak 29 April 2019. Sejalan dengan itu, Presiden Jokowi telah memutuskan akan melakukan pemindahan Ibu Kota Negara Baru (IKNB) dari DKI Jakarta ke luar Pulau Jawa. Pada 26 Agustus 2019 Presiden Joko Widodo secara resmi melakukan pidato lansung mengumumkan pilihan Ibu Kota Negara dan menetapkan Wilayah Provinsi Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara Baru (IKNB).
pilkada-dan-perilaku-elite-lokal
Pilkada dan Perilaku Elite Lokal
Kamis, 21 Oktober 2021 14:13 WIB
Oleh Eddy Asnawi*SESUATU yang diharapkan dalam Pilkada langsung oleh rakyat dengan asumsi akan lebih demokratis, aspiratif, dan legimate. Ternyata mendorong berjangkitnya moral pragmatisme, Moral pragmatisme inilah yang membuat politik uang mewarnai setiap Pilkada, mengekalkan oligarki kekuasaan, menelan anggaran yang sangat tinggi dan memicu politisasi birokrasi.
jabatan-presiden-3-periode-apa-urgensinya
Jabatan Presiden 3 Periode, Apa Urgensinya?
Minggu, 05 September 2021 08:18 WIB
Oleh Eddy Asnawi*PERIODE Jabatan Presien mulai dikutak-katik lagi menjelang Pilpres 2024. Syahwat kekuasaan untuk melegalkan masa jabatan presiden menjadi 3 periode melalui amandemen UUD 1945 sudah mulai dilontarkan ke publik. Wacana ini untuk mengubah ketentuan Pasal 7 UUD 1945: ”Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatan selama lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan”.
sang-penguasa
Sang Penguasa
Sabtu, 04 September 2021 14:25 WIB
Oleh Eddy Asnawi*TANPA disadari kita sedang mengalami distorsi. Apa yang rakyat rasakan, inginkan dalam harapan hidup bernegara ini berbeda haluan dengan kehendak penguasa. ”Disuruh kami berjalan ke Barat, Dia berjalan ke Timur, kami pun menjadi tak tentu arah. Tak ada lagi kata-kata dan perbuatan yang menjadi panutan.”
pentingnya-menata-sistem-penyiaran-di-tengah-serbuan-media-sosial
Oleh Mario Abdillah Khair Saragih*PERKEMBANGAN ilmu pengetahuan membawa dampak besar pada perubahan kultur maupun budaya. Kini kita hidup dalam dunia elektronik yang semakin canggih. Di era milenium kedua saat ini, hal yang sangat dirasakan manusia sejak ditemukannya mesin cetak surat kabar hingga era televisi adalah kemajuan teknologi informasi internet.
wwwwww