Home > Artikel > Opini
Opini
saatnya-membenahi-daerah
Saatnya Membenahi Daerah
Kamis, 18 Februari 2016 03:11 WIB
RABU (17/2/2016) kemarin kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2015 dilantik bersamaan. Ini sejarah baru, sebab selama ini pelantikan dilakukan di dalam rapat paripurna DPRD setempat. Diharapkan perubahan ini membuat kepala daerah yang baru dilantik bisa lebih dekat dan memahami persoalan rakyat.
urgensi-kartu-identitas-anak-di-indonesia
Urgensi Kartu Identitas Anak di Indonesia
Selasa, 16 Februari 2016 11:10 WIB
PERATURAN Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2016, mewajibkan semua anak berusia di bawah 17 tahun memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Tujuannya untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik, serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.
saatnya-bekerja-kembali-membangun-daerah
Saatnya Bekerja Kembali Membangun Daerah
Jum'at, 29 Januari 2016 15:32 WIB
MAHKAMAH Konstitusi akhirnya menolak semua gugatan calon kepala daerah yang tidak puas dengan hasil Pilkada serentak di kabupaten/kota Sumatera Utara (Sumut). Total 14 gugatan hasil Pilkada di Sumut yang ditolak. Gugatan hasil Pilkada Tobasa dicabut sebelum sidang MK digelar. Dengan demikian, KPU wajib menindaklanjuti putusan MK tersebut dengan menetapkan pemenang Pilkada.
perang-terhadap-narkoba-tak-boleh-berhenti
Perang terhadap Narkoba Tak Boleh Berhenti
Sabtu, 23 Januari 2016 03:03 WIB
TINDAKAN tegas aparat terhadap sindikat Narkoba menuai perlawanan. Dalam dua penggerebekan terpisah di Jakarta beberapa hari lalu, menewaskan satu polisi dan melukai empat orang. Ini menunjukkan sindikat Narkoba makin berani dan tak bisa lagi dihadapi dengan cara biasa.
tidak-takut-terhadap-teror
Tidak Takut terhadap Teror!
Minggu, 17 Januari 2016 09:08 WIB
SETELAH beberapa lama tak beraksi, aksi terorisme kembali terjadi di jantung Kota Jakarta. Lokasinya di depan Sarinah, Jalan MH Thamrin, dekat dengan Istana Presiden, dan hanya 50 meter dari gedung Bank Indonesia.
menghitung-dampak-konflik-arab-saudi-dan-iran
Menghitung Dampak Konflik Arab Saudi dan Iran
Jum'at, 08 Januari 2016 02:48 WIB
KETEGANGAN di Timur Tengah kembali meningkat. Persoalan Suriah dan Yaman belum usai, hubungan Arab Saudi dengan Iran mendadak memanas. Saudi memutuskan hubungan dengan Iran pada hari Minggu kemarin, dua hari setelah demonstran menyerbu kedutaan Saudi di Teheran sebagai protes atas eksekusi Riyadh.
bukan-jadi-sekadar-tahun-baru
Bukan Jadi Sekadar Tahun Baru!
Jum'at, 01 Januari 2016 16:08 WIB
TAHUN demi tahun berlalu, tak beda halnya dalam beberapa jam ke depan, kitapun kembali memasuki tahun baru 2016. Berbagai masalah global dan lokal menjadi ancaman serius bagi Indonesia.
terima-kasih-ibu-untuk-pengorbananmu
Terima Kasih Ibu untuk Pengorbananmu
Selasa, 22 Desember 2015 08:48 WIB
HARI ini, Indonesia kembali merayakan Hari Ibu. Penetapan 22 Desember sebagai hari ibu awalnya ditandai dengan keluarnya Dekrit Presiden No 31 tahun 1953 pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia pada 1928.
mewaspadai-konflik-usai-pilkada-serentak
Mewaspadai Konflik Usai Pilkada Serentak
Jum'at, 11 Desember 2015 14:03 WIB
SECARA umum Pilkada Serentak 2015 di seluruh Indonesia berjalan dengan aman dan tertib, meski sempat ada riak sebab beberapa daerah terpaksa ditunda. Penyebabnya ada putusan hukum yang dikeluarkan hanya beberapa jam menjelang waktu pencoblosan, seperti Kabupaten Simalungun dan Kota Pematangsiantar. KPU memutuskan akan menunggu putusan hukum yang berkekuatan hukum tetap sebelum menyelenggarakannya kembali.
menegaskan-komitmen-lingkungan-indonesia
Menegaskan Komitmen Lingkungan Indonesia
Selasa, 01 Desember 2015 23:23 WIB
PRESIDEN Joko Widodo dan rombongan kemarin berangkat ke Paris, Prancis untuk menghadiri Conference of the Parties (COP) 21 atau KTT Iklim. Pertemuan tahunan yang menjadi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim. Total 195 negara tergabung dalam konferensi ini. Ini adalah pertemuan ke-21 (COP21), sejak pertama pada 1995 di Berlin.
wwwwww