Home > Artikel > Opini
Opini
kegembiraan-hari-raya-idul-fitri-adalah-idown-paymenti-kebahagiaan-hakiki-di-akhirat-kelak
Oleh Dr Saidul Amin MA*RAMADAN telah berlalu. Ada seribu harapan dan selaksa cemas di hati setiap Muslim. Harapan agar amal dan ibadah diterima Allah. Harapan agar pintu surga terbuka luas. Harapan agar bertemu di ramadhan akan datang. Hharapan, harapan, dan harapan lagi.
pemilu-usai-pesta-demokrasi-berakhir-duka
Pemilu Usai, Pesta Demokrasi Berakhir Duka
Minggu, 21 April 2019 17:40 WIB
Oleh Wahyudi Ilfahman*GEGAP gempita dan sorak-sorai pesta demokrasi akbar yang melansungkan pertarungan politik multilevel secaral serentak, mulai dari pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR-DPD RI, DPRD provinsi hingga DPRD kabupaten/kota yang berlangsung pada 17 April 2019 menyisakan banyak cerita suka, duka, dan kebanggaan.
kepemimpinan-yang-ideal-dalam-era-demokrasi-pilpres-dan-pileg-serentak-di-indonesia-2019
Oleh Yusuf Supardi*INDONESIA adalah negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, yang tidak ada lagi negara ”seajaib” Indonesia. Penduduknya terdapat di berbagai pulau yang berbeda, suku, bahasa, dan adat istiadat yang berbeda pula.
merefleksi-kembali-perhatian-kita-kepada-tenaga-pendidik
Oleh Fandi Ahmad*BEBERAPA hari lalu tepatnya 25 November, bangsa ini baru merayakan Hari Guru, yang bertepatan dengan diperingatinya hari lahir Persatuan Guru Republik Indonesia yang biasa di singkat PGRI.
Renungan Hari Tani Nasional 2018:
kesejahteraan-petani-baru-sebatas-narasi-dan-ilusi
Kesejahteraan Petani Baru Sebatas Narasi dan Ilusi
Selasa, 25 September 2018 07:21 WIB
Oleh Wahyudi Ilfahman* HARI Tani Nasional yang diperingati setiap tanggal 24 September setiap tahunnya merupakan salah satu kebijakan Presiden Soekarno sebagai bentuk apresiasi terhadap semua jasa yang dilakukan para petani Indonesia.
tentang-partisipasi-pemilih-dalam-pemilu
Tentang Partisipasi Pemilih dalam Pemilu
Senin, 20 Agustus 2018 11:39 WIB
Oleh Khery Sudeska*PARTISIPASI pemilih yang rendah selalu menjadi salah satu masalah yang harus diantisipasi oleh penyelanggara pemilu dalam setiap pemilu atau pun pemilihan kepala daerah.
jangan-takut-jadi-orang-jujur
Jangan Takut Jadi Orang Jujur
Kamis, 24 Mei 2018 18:47 WIB
Oleh Heri Kurnia*HATI rakyat sudah lama kesal melihat parasitisme negara. Janji demi janji diucapkan ketika kampaye. Bahkan Tuhan menjadi saksi atas ucapan yang dilontarkan agar mampu meyakinkan rakyatnya. 
menjaga-independensi-pers
Menjaga Independensi Pers
Kamis, 09 Februari 2017 07:36 WIB
INSAN pers hari ini, 9 Februari 2017 memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-71. Tahun ini rangkaian acara dipusatkan di Ambon, Maluku, dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri Kabinet Kerja. Kepala Negara memang tidak pernah absen dalam setiap HPN, karena pers adalah mitra pemerintah.
reformasi-pelayanan-publik-perlu-dukungan-warga
REFORMASI birokrasi dan deregulasi tidak hanya fokus di layanan investasi dan aktivitas bisnis. Kini Presiden Joko Widodo meminta hal serupa di bidang pelayanan publik. Reformasi dilanjutkan ke pelayanan imigrasi, baik di airport dan urusan paspor, lalu pengurusan KTP yang dinilai masih banyak masalahnya.
meningkatkan-kualitas-perda
Meningkatkan Kualitas Perda
Senin, 11 April 2016 16:31 WIB
PERATURAN daerah (Perda) merupakan produk bersama kepala daerah dan DPRD. Pengusulannya bisa bersama, tetapi bisa atas inisiatif dewan dan hak itu diatur dalam UU. Pembahasan tetap dilakukan eksekutif dan legislatif, sebelum akhirnya disahkan menjadi produk hukum.
wwwwww