PotretNews.com Senin 23 April 2018

Cerita Asal Mula Berdirinya Mesjid Kuning di Desa Senggoro Bengkalis

Cerita Asal Mula Berdirinya Mesjid Kuning di Desa Senggoro Bengkalis

Mesjid Kuning di Desa Senggoro Kabupaten Bengkalis, Riau.

Minggu, 17 Januari 2016 00:36 WIB
BENGKALIS, POTRETNEWS.com - Mesjid Kuning terletak di Desa Senggoro Kecamatan Bengkalis. Mesjid ini berdiri pada tahun 1850 M, pada pertengahan abad ke-19. Mesjid ini pertama kali dibangun oleh Allahyarham Panglima Minal.Mesjid Kuning ini awalnya berdinding papan, bangunannya pun sangat sederhana dan kecil. Setelah masjid dibangun, ditanamlah dua batang kenanga. Kenanga di sebelah kanan ditanam oleh Panglima Minal, yang di sebelah kiri di tanam oleh istrinya, Buyut. Beberapa tahun kemudian, kenanga itu pun besar dan berbunga.

Lama kelamaan mesjid kecil ini tersungkup oleh bunga kenanga. Sehingga, dari kejauhan terlihat hanya warna kuning bunga kenanga. Kabarnya, itulah sebab kenapa mesjid itu disebut Mesjid Kuning.

Mesjid Kuning telah mengalami pemugaran sebanyak dua kali, yang pertama dilakukan pada masa kolonial Belanda, dan yang kedua dilakukan setelah Indonesia merdeka. Salah satu imam Mesjid Kuning yang terkenal adalah Imam Simpul, merupakan cucu Panglima Minal. Masyarakat Bengkalis percaya bahwa Mesjid Kuning memiliki kekuatan mistik. Menurut cerita yang beredar, mesjid tersebut dijaga oleh makhluk gaib yang tak jarang menampakkan diri kepada orang-orang tertentu.

Ads
Hal ini juga pernah dialami oleh Ahmad Sontel (keturunan panglima minal) dan Ustadz M.Yunus. Sampai sekarang, mesjid tersebut masih dicat berwarna kuning, dari luar sampai di dalamnya termasuk juga kain pembatas salat diberi warna kuning. ***

Sumber:
www.jerenk.com

loading...
(Akham Sophian)
Kategori : Potret Riau
DPRD Kabupaten Siak 2018
wwwwww