PotretNews.com Minggu 19 Agustus 2018

Kisah Misteri yang Berselimut di Sungai Siak; Ada Penampakan Makhluk Gaib Berwujud Gajah, Buaya dan Naga?

Kisah Misteri yang Berselimut di Sungai Siak; Ada Penampakan Makhluk Gaib Berwujud Gajah, Buaya dan Naga?

Ilustrasi/Sungai Siak.

Senin, 15 Februari 2016 11:54 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Budaya nenek moyang yang telah ada sejak berabad-abad lamanya sampai saat ini masih menjadi kepercayaan yang melekat pada sebagian besar kalangan masyarakat tanah air.Percaya atau tidak kepercayaan tentang dunia gaib pun sudah ada sejak jaman itu, hal ini pula yang membuat banyak kalangan yang sampai sekarang ini masih percaya dengan semua hal yang berbau gaib atau mistis.

Boleh dikata keberagaman budaya Indonesia juga cukup melekat dengan dunia mistis, sebut saja santet, jailangkung hingga permainan-permainan berbau gaib seperti “bambu gila”. Semua hal tersebut memiliki kisah legenda yang cukup panjang seperti kisah yang berselimut di sungai Siak, Riau, Sumatera.

Kisah Misteri Sungai Siak
Sungai Siak boleh disebut sebagai salah satu sungat yang sangat terkenal bagi kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya sungai ini sempat menjadi salah satu jalur perdagangan internasional selama ratusan tahun.

Ads
Bahkan beberapa tahun belakangan ini sungai Siak pun sempat beberapa kali diberitakan oleh stasiun-stasiun televisi tanah air. Namun hal tersebut bukan untuk mengupas kisah sejarah tentang perdagangan internasional melainkan membahas mengenai sejumlah kisah misteri yang terjadi di Sungai Siak.

Sebagai salah satu sungai terdalam di Indonesia sungai Siak pun tak terlepas dari kisah-kisah misteri. Bahkan setiap kisah yang langsung menjadi perbincangan acap kali dikaitkan dengan dunia gaib. Di balik manfaat alam yang di berikan sungai yang memiliki panjang sekitar 527 km ini ternyata menyimpan segelimit kisah yang sangat misterius. Sungai yang tidak seindah sungai-sungai lainnya konon sering meminta tumbal nyawa manusia.

Kisah Bunuh Diri (?)
Kisah yang paling menggegerkan bagi warga Riau adalah banyaknya kisah kematian yang terjadi di sungai ini. Hal tersebut kerap dikaitkan dengan mitos-mitos misteri yang konon sudah ada sejak zaman Kerajaan Siak. Menurut kisah dari salah satu tetua sungai ini memang cukup kental dengan aura mistis, bahkan ia berpesan agar setiap orang yang berkunjung tidak tertipu dengan arus air yang tenang karena konon ketenangan arusnya bisa menjadi mematikan jika para pengunjung tidak hati-hati. Kisah legenda yang kerap dipercaya adalah sosok makhluk gaib yang mendiami sungai ini, konon makhluk tersebutlah yang berperan banyak (?).

Kesaktian Sultan Syarif Kasim (?)
Sultan Syarif Kasim adalah raja terakhir dari Kerajaan Siak. Dikisahkan jika Sultan Syarif merupakan sultan yang memiliki kesaktian gaib yang sangat luar biasa, konon kesaktiannya tersebutlah yang menjadi penjaga setiap benda-benda peninggalan kerajaan. Nah, sungai inilah yang menjadi saksi kedahsyatan kekuatan gaib tersebut. Menurut kisah warga sekitar, di sungai inilah banyak para perampok yang tewas secara misterius kala mereka mencuri barang-barang peninggalan kerajaan.

Makhluk Halus Berwujud Hewan (?)
Ada banyak kisah misteri yang terjadi di sini, salah satu kisah yang banyak dipercaya adalah kemunculan misterius sejumlah hewan dari dalam sungai. Mulai dari seekor gajah putih, buaya putih, ikan duyung hingga seekor naga yang tiba-tiba muncul dan menghilang begitu saja. Banyak warga yang percaya bahwa hewan-hewan misterius tersebut adalah perwujudan dari makhluk halus yang mendiami Sungai Siak.

Terlepas dari benar tidaknya kisah-kisah misterinya namun sampai sekarang ini semua kisahnya belum dapat terpecahkan, bahkan konon kejadian misterius seperti ditemukannya sosok mayat pun masih sering terjadi sampai sekarang. Sekali lagi, ini hanya sekadar kisah misteri! ***

Sumber:
http: Segiempat.com

Editor:
M Yamin Indra

Kategori : Potret Riau
Tour de Siak 2018
wwwwww