Guru Growth Mindset

Guru <i>Growth Mindset</i>

Ilustrasi. Sumber gambar:Parapuan.co

Jum'at, 03 November 2023 05:08 WIB

Oleh Suhartini*

Menurut UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pengertian guru adalah tenaga pendidik profesional yang memiliki tugas utama untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Dengan istilah lain, guru adalah sosok manusia yang memanusia kan manusia lain nya dengan ilmu baik dengan cara mengajarkan suatu ilmu intelektual maupun akhlak, membimbing, melatih, memberikan penilaian, serta melakukan evaluasi kepada peserta didik terhadap pencapaian atau feedback serta refleksi pada suatu proses.

Seorang guru bahkan di gugu dan ditiru keteladanannya oleh peserta didik nya sehingga apa yang di ajarkan atau di sampaikan memerlukan pertanggungjawaban agar siswa nya menjadi individu yang berkualitas baik dari sisi ilmu(intelektual),moral(tingkah laku)serta attitude kepada lingkungan hidupnya.

Mendidik siswa sama hal nya dengan mengubah tingkah laku murid menjadi lebih baik.Proses mendidik murid merupakan hal yang lebih sulit untuk dilakukan ketimbang mengajarkan suatu ilmu pengetahuan. Apalagi untuk membentuk suatu karakter yang baik sesuai norma dan nilai yang berlaku di masyarakat.

Seorang guru di tuntut untuk mampu melatih serta membekali siswa agar memiliki keterampilan dan kecakapan dasar,bimbingan dan arahan merupakan proses yang tidak bisa dilewatkan agar siswa tidak ada kebingungan atau keraguan dalam proses belajar sehingga anak didiknya agar tetap berada pada jalur yang tepat sesuai dengan tujuan pendidikan.

Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut tentu saja seorang guru perlu bekal yang lebih agar bisa mengayomi siswa nya.Dan harus memiliki growth mindset tentu sangat baik. Guru growth midset punya pola pikir berkembang, kepercayaan diri yamg tinggi ,dan kecerdasan serta keterampilan yang baik sehinnga hal tersebut mudah di tularkan kepada anak didiknya sendiri.

Guru growth mindset sangat mempengaruhi perasaan dan pola kerja sehingga menumbuhkan keyakinan bahwa semua anak didik memiliki potensi yang lebih baik kedepan nya.Guru Growth Mindset meyakini bahwa tak ada kata terlambat untuk belajar sesuatu hal yang baru. Meskipun mengalami kegagalan,
Guru growth mindset memahami bahwa apapun kemampuan atau bakat yang dimilikinya sejak kecil adalah permulaan.

Mereka percaya bahwa dengan kerja keras dan dedikasi, bakat dan keterampilan tersebut dapat terus berkembang. Mereka mendorong pola pikir untuk terus belajar dan memahami dunia.Seorang dengan guru yang gowth mindset akan melakukan proses belajar yang bermakna dan membuat perbedaan ,menghargai proses dan melihat kegagalan bukan sebagai akhir, tetapi sebagai refleksi agar lebih baik kedepannya.

Guru growth mindset tidak pernah kehilangan keinginan untuk belajar atau mengeksplorasi hal-hal baru. Mereka sangat menghargai proses karena proses belajar adalah salah satu proses yang menyenangkan bagi mereka.Sehingga setiap kegiatan atau proses akan di jadikan alat untuk mengintropeksi diri agar lebih baik dan fokus akan tujuan (goal) yang akan dicapai bersama siswa nya.***

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/03112023/potretnewscom_fgzxg_2738.jpg

*Penulis, Suhartini, SPd
Kepala SDN 53 Bengkalis


Kategori : Opini
wwwwww