Home > Berita > Riau

Momen-momen Verifikasi Faktual potretnews.com oleh Dewan Pers yang Terabadikan lewat Foto

Momen-momen Verifikasi Faktual <i>potretnews.com</i> oleh Dewan Pers yang Terabadikan lewat Foto

Penanggung Jawab potretnews.com Mario Abdillah Khair (kiri) menyerahkan dokumen perusahaan pers kepada Anggota Dewan Pers Imam Wahyudi.

Rabu, 05 September 2018 11:15 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu, Dewan Pers menyebut, verifikasi media massa merupakan amanat UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers untuk mendata perusahaan pers. Lewat verifikasi, Dewan Pers juga memastikan komitmen pengelola media dalam menegakkan profesionalitas dan perlindungan terhadap wartawan. Selain itu, melalui pendataan atau verifikasi perusahaan pers, Dewan Pers ingin mendorong penguatan media.

Dalam rangka menjalankan amanat undang-undang itu, Anggota Dewan Pers/Ketua Komisi Pengaduan Masyarakat & Penegakan Etika Pers Periode 2016-2019 Imam Wahyudi melakukan verifikasi faktual terhadap potretnews.com di Kantor PT Potret Citra Media, Kompleks Family Residence Blok G/15 Jalan Pesantren Tenayanraya Kota Pekanbaru, Jumat (31/8/2018) siang.

BERITA TERKAIT

. Dewan Pers Lakukan Verifikasi Faktual ke potretnews.com

Verifikasi faktual merupakan tindak lanjut dari verifikasi administrasi yang sudah dilakukan Dewan Pers terhadap potretnews.com pada 11 April 2016.

Kedatangan Tim Verifikasi Dewan Pers disambut Direktur/Penanggung Jawab potretnews.com Mario Abdillah Khair bersama dua staf redaksi yakni Abdul Roni dan Muhamad Maulana.

Setibanya di kantor potretnews.com, Imam Wahyudi yang didampingi Staf Sekretariat Dewan Pers, Irwan, mengecek langsung kelengkapan administrasi dan meninjau aktivitas redaksi. Mereka juga memasuki ruang rapat redaksi, ruang kerja redaksi, dan ruang kerja penanggung jawab.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/05092018/potretnewscom_nzhux_1353.jpgSetibanya di kantor potretnews.com, Imam Wahyudi (baju merah) langsung melihat sejumlah penghargaan, sertifikat, dan foto-foto kegiatan yang dipajang di lobi.

Pada kesempatan itu, Imam Wahyudi yang pernah menjadi Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) mengharapkan potretnews.com dapat meningkatkan kualitas pemberitaan dan mencegah penyebarluasan hoax bagi konsumsi masyarakat.

”Ini bagian dan tahapan penting setelah verifikasi administrasi di Jakarta, kita langsung verifikasi faktual ke lapangan,” ujar Imam Wahyudi.

Selain itu, melalui pendataan atau verifikasi perusahaan pers, Dewan Pers ingin mendorong penguatan media pers dan positioning (tindakan perusahaan untuk merancang produk agar dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen, red).

”Media arus utama harus bisa mengembalikan kepercayaan publik dengan menjawab tantangan atas maraknya serbuan berita hoax atau informasi bohong yang dibuat seolah-olah sebagai karya jurnalistik,” papar Imam.

Mantan Wakil Pemimpin Redaksi RCTI itu juga menyebut media siber memegang peranan penting dalam keberlanjutan peran pers di masyarakat.

Kendati demikian, hal tersebut perlu dibarengi dengan sikap tanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik. Oleh karena itu, verifikasi dilakukan sebagai upaya meningkatkan kualitas perusahaan pers.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/05092018/potretnewscom_w3rpy_1354.jpgAnggota Dewan Pers Imam Wahyudi memeriksa satu per satu dokumen PT Potret Citra Media (potretnews.com). Sementara Staf Sekretariat Dewan Pers, Irwan, mengabadikan ruang rapat redaksi.

Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab potretnews.com Mario Abdillah Khair menyambut baik verifikasi faktual yang dilakukan Dewan Pers.

”Permohonan kami kepada Dewan Pers agar berkenan melakukan verifikasi faktual pada Maret lalu direspons dengan kedatangan Tim Verifikasi Dewan Pers yang dipimpin Pak Imam. Tentunya ini untuk meneguhkan keberadaan PT Potret Citra Media sebagai perusahaan pers yang serius di Provinsi Riau,” ujar Mario, pemegang Sertifikat dan Kartu Wartawan Utama Dewan Pers (angkatan pertama di Riau) dan juga Sertifikat Ahli Pers dari Dewan Pers sejak 2010, itu.

Sekadar mengingatkan, verifikasi media massa merupakan tindak lanjut dari Piagam Palembang tahun 2010. Saat itu, ada 17 kelompok media yang berjanji akan mengikatkan diri dengan 4 Peraturan Dewan Pers. Keempat peraturan itu adalah tentang perusahaan pers, kode etik, perlindungan hukum, dan sertifikasi kompetensi.

Berikut momen-momen Verifikasi Faktual potretnews.com oleh Dewan Pers:

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/05092018/potretnewscom_gcbvc_1360.jpgAnggota Dewan Pers Imam Wahyudi memeriksa satu per satu dokumen PT Potret Citra Media (potretnews.com). Sementara Staf Sekretariat Dewan Pers, Irwan, mengabadikan daftar penghargaan, sertifikat, dan foto-foto kegiatan yang pernah diselenggarakan potretnews.com.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/05092018/potretnewscom_henyq_1356.jpgAnggota Dewan Pers Imam Wahyudi memeriksa satu per satu dokumen PT Potret Citra Media (potretnews.com). Staf Sekretariat Dewan Pers, Irwan (kiri) dan Staf Redaksi potretnews.com Muhamad Maulana terlihat mengabadikan momen ini.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/05092018/potretnewscom_vjpgn_1357.jpgSuasana saat Anggota Dewan Pers Imam Wahyudi memeriksa satu per satu dokumen PT Potret Citra Media (potretnews.com) didampingi Staf Sekretariat Dewan Pers, Irwan (kiri). 

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/05092018/potretnewscom_cws4d_1358.jpgRuangan kerja Redaksi potretnews.com.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/05092018/potretnewscom_6tjgy_1359.jpgRuangan kerja Direktur/Penanggung Jawab PT. Potret Citra Media (potretnews.com) Mario Abdillah Khair.

Narasi:
Muhamad Maulana

Foto-foto:
Abdul Roni & Muhamad Maulana

wwwwww