Home > Berita > Riau

Punya Segudang Prestasi, Sayangnya Bank Riau Kepri Miskin Pelayanan Informasi

Punya Segudang Prestasi, Sayangnya Bank Riau Kepri Miskin Pelayanan Informasi

Ilustrasi.

Rabu, 20 Desember 2017 09:41 WIB
Mario Abdillah Khair

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Terungkap, ternyata hingga kini Bank Riau Kepri (BRK) belum membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Ihwal ini mencuat tatkala seorang warga melaporkan BRK ke Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau lantaran tidak transparanan dalam memberikan informasi.

Padahal, sebagai amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), setiap badan publik mempunyai kewajiban untuk membuka akses atas informasi publik yang berkaitan dengan badan publik tersebut kepada masyarakat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang transparan dan akuntabel.

BACA TERKAIT:

. Oalah, Ternyata Bank Riau Kepri Tidak Membentuk PPID padahal Harusnya Wajib

Sayangnya, dua pejabat Bank Riau Kepri yang hendak dikonfirmasi pada Ahad (17/12/2017) dan Selasa (19/12/2017) mengenai mengapa hingga saat ini PPID tak kunjung dibentuk di badan publik itu, seperti menutup diri dan enggan memberikan komentar.

Kedua pejabat tersebut adalah Direktur Bank Riau Kepri Irvandi Gustari dan Pemimpin Desk Corporate Secretary Bank Riau Kepri, Winovri. Mereka tidak mau memberikan pernyataan saat dikonfirmasi melalui ponselnya.

Wakil Ketua Komisi Informasi Tatang Yudiansyah yang diwawancarai secara terpisah mengatakan, keterbukaan informasi adalah salah satu indikator kinerja badan publik.

”Bagaimana bisa badan publik mendapat penghargaan kalau indikator keterbukaan informasi publik (KIP) tidak terpenuhi,” kata dia.

Sebagaimana diketahui, Bank Riau Kepri selama ini dikenal sebagai salah satu bank pemerintah daerah (BPD) terbaik di Indonesia. Pada Kamis, 8 Juni 2017, misalnya, sang dirut tampil di panggung kehormatan menerima anugerah sebagai BPD nomor 2 terbaik nasional di bidang pelayanan perbankan.

Tahun 2016, BPD yang saham mayoritasnya dimiliki Pemprov Riau dan Pemprov Kepri juga menjadi yang terbaik dalam pelayanan retail dan digital.

Semua penghargaan yang diperoleh Bank Riau Kepri, tentu tak terlepas dari tangan dingin seorang Irvandi Gustari, sang dirut yang beberapa bulan silam baru saja dikukuhkan sebagai The Best CEO BPD Indonesia 2017. Gelar yang diraih Irvandi melengkapi 20 award yang pernah diraihnya sebelum ini.

Namun mirisnya, meski Bank Riau Kepri mempunyai segudang prestasi, tapi badan publik ini miskin pelayanan informasi. ***

Kategori : Riau, Pekanbaru, Umum
wwwwww