Kisah Inspiratif 2 Wartawan Senior, Inilah Momen-momen Workshop Jurnalistik Digital potretnews.com yang Terabadikan lewat Foto

Selasa, 06 Desember 2016 20:55 WIB
Galeri Foto
kisah-inspiratif-2-wartawan-senior-inilah-momenmomen-workshop-jurnalistik-digital-ipotretnewscomiTokoh Pers Nasional Wina Armada Sukardi SH MBA MM bercerita awal dirinya menjadi wartawan, 30 tahun silam.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Tokoh Pers Nasional Wina Armada Sukardi SH MBA MM dan Pendiri sekaligus CEO GoRiau.com Hermanto Ansam SSi berbagi kisah dan kiat suksesnya menjadi wartawan dan pengusaha media dengan peserta Workshop Jurnalistik Digital, Sabtu (3/12/2016) malam.BERITA TERKAIT:

. Kala Tokoh Pers Nasional Wina Armada Sukardi dan CEO GoRiau.com Berbagi Kisah dan Kiat Sukses dengan Peserta Workshop Jurnalistik Digital potretnews.com

. Tokoh Pers Nasional Wina Armada Sukardi dan CEO GoRiau.com Didaulat Jadi Pembicara Workshop Jurnalistik Digital yang Diinisiasi potretnews.com

. Ketika Wina Armada Lebih Populer dari Kakek dan Sang Ayah yang Semuanya adalah Wartawan

. Kisah Hermanto Ansam Mendirikan GoRiau.com hingga Menjadi Media Siber Nomor Satu di Luar Jakarta

Di hadapan peserta yang terdiri dari wartawan potretnews.com (berasal dari Riau dan luar Riau), aktivitis pers kampus se-Pekanbaru dan humas beberapa instansi, bertempat di salah satu hotel berbintang, Wina dan Hermanto secara bergantian membeberkan cerita dari awal mereka menjadi wartawan hingga sekarang menjadi sosok yang dikenal publik.

”Sejak kuliah di Universitas Indonesia saya sudah menjadi wartawan. Saya memang hobi menulis, sebagaimana halnya ayah (Gandi Sukardi) dan kakek saya (Didi Sukardi),” kata Wina, mengawali kisahnya setelah dipersilakan oleh Moderator Mario Abdillah Khair SH (Direktur/Pemimpin Redaksi potretnews.com) selaku penanggung jawab kegiatan.

SIMAK:

. Mulai Februari 2017, Hanya Media Massa Terverifikasi Dewan Pers yang Boleh Meliput

. Hendry Bangun Sebut Perusahaan Media Tak Wajib Bergabung di Organisasi Perusahaan Pers, ”Yang Wajib Itu Lolos Verifikasi Dewan Pers”

Wina Armada yang pernah menjadi Penanggung Jawab Umum dan Pemimpin Redaksi Harian Merdeka mengungkapkan, di awal dirinya menjadi wartawan, prosesnya tidaklah mulus. Hampir setiap hari berita yang ditulisnya dipenuhi coretan koreksi dari editor/redaktur.

”Di zaman itu, berita yang berhasil terbit seperti barang mahal. Kesalahan dalam menulis berita, membuat saya terus belajar mengasah kemampuan,” tutur Wina yang sekarang menjabat Komisaris PT Media Nusantara Citra (MNC).

Banyak hal yang disampaikan Wina pada workshop yang diinisiasi Koran Online potretnews.com dan mengusung tema Strategi Memperkokoh Profesionalitas Wartawan sebagai Jurus Hadapi MEA, itu.

”Kalau adik-adik ingin menjadi wartawan profesional, kuatkan tekad dan teruslah mengasah kemampuan. Untuk menjadi sukses, kita harus memiliki kemampuan di atas rata-rata. Kalau keterampilan kita standar, hasilnya pun akan standar,” ucapnya, sembari memberi kiat bagaimana agar wartawan dan media bisa eksis di persaingan pasar bebas.

Pembicara selain Wina Armada, Hermanto Ansam membuka rahasia hidupnya sebelum menjadi wartawan. Dulu, sewaktu menjadi mahasiswa di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Riau, pekerjaannya adalah kuli bangunan. Meski begitu, dia masih memiliki waktu menulis cerpen dan mengirimkannya ke Harian Singgalang atau Harian Haluan. ”Saat itu kita nggak memikirkan honor. Karena bisa terbit saja senangnya luar biasa,” kata Hermanto.

Singkat cerita, usai menyandang gelar Sarjana Kimia, pria yang lahir pada tanggal 12 Mei 1969 di Padang itu akhirnya diterima di Harian Riau Pos dan bekerja selama 22 tahun.

”Saya berpikir selama enam bulan sebelum akhirnya memutuskan berhenti dari Harian Riau Pos. Saya sadar keluar dari perusahaan media terbesar di Riau berarti keluar dari zona nyaman. Tapi tekad saya lebih besar dari ketakutan saya. Istri saya sempat ragu bagaimana kalau ternyata upaya saya membangun media siber gagal. Waktu itu saya bilang, kalau gagal akan beralih profesi menjadi sopir travel,” ucap Hermanto yang membuat seisi ruangan salah satu hotel berbintang di kawasan Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, tertegun.

Kepada para peserta terutama yang berasal dari pers kampus, Hermanto secara khusus mendorong agar terus meningkatkan kemampuan menulis, rajin membaca dan aktif bersosialisasi di media sosial.

Sementara kepada wartawan, dia berpesan agar memegang teguh prinsip-prinsi jurnalistik, senantiasa menaati Kode Etik Jurnalistik, UU Pers, Peraturan Dewan Pers dan Pedoman Pemberitaan Media Siber.

”Kemudian yang tak kalah pentingnya, komunikasi dengan humas lakukanlah secara wajar. Humas itu bukanlah atasan wartawan. Humas itu hakikatnya perantara ketika wartawan hendak mewawancarai gubernur, bupati dan wali kota. Tapi sekarang lucu, yang diwawancarai malah humas. Saya heran, mengapa bisa begitu,” ujar Hermanto, yang kini media sibernya tercatat sebagai nomor satu di luar Pulau Jawa. Inilah momen-momen Workshop Jurnalistik Digital potretnews.com yang terabadikan lewat foto. ***

	https://www.potretnews.com/assets/imgbank/06122016/potretnewscom_ul4zq_677.jpg
Peserta Workshop Digital Jurnalistik potretnews.com mengisi daftar hadir.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/06122016/potretnewscom_skz8n_679.jpg
Ketua Panitia Pelaksana Workshop Digital Jurnalistik potretnews.com, Muhamad Maulana menyampaikan laporan.

	https://www.potretnews.com/assets/imgbank/06122016/potretnewscom_mygfp_678.jpg
Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab potretnews.com Mario Abdillah Khair SH menyampaikan sambutan sekaligus membuka Workshop Digital Jurnalistik potretnews.com.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/06122016/potretnewscom_hqsvz_680.jpg
Pembicara yang merupakan Pendiri sekaligus CEO GoRiau.com Hermanto Ansam SSi (paling kanan) bercerita awal dirinya membangun GoRiau.com pada tahun 2012 hingga menjadi media siber nomor satu di luar Pulau Jawa.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/06122016/potretnewscom_36hwd_681.jpg
Peserta dari berbagai unsur (wartawan, mahasiswa dan mitra kerja) serius mengikuti Workshop Digital Jurnalistik potretnews.com.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/06122016/potretnewscom_nwcnu_682.jpg
Pembicara yang merupakan Tokoh Pers Nasional Wina Armada Sukardi SH MBA MM memberi motivasi kepada peserta Workshop Digital Jurnalistik potretnews.com.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/07122016/potretnewscom_bttsv_684.jpg
Editor potretnews.com yang juga Ketua PWI Kabupaten Rokan Hilir Jaka Abdillah SAg bertanya kepada pembicara. Di sebelahnya adalah Staf Redaksi potretnews.com sekaligus mantan Ketua PWI Kabupaten Pelalawan Ishar D.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/07122016/potretnewscom_ke3k9_685.jpg
Pemimpin Redaksi Tabloid Kampus Unilak, Visi, Ervan Ibsahrodan bertanya kepada pembicara.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/07122016/potretnewscom_hrruk_686.jpg
Zulfadli, peserta dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim II bertanya kepada pembicara.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/07122016/potretnewscom_8u6dq_687.jpg
Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab potretnews.com Mario Abdillah Khair SH kepada Wina Armada Sukardi SH MBA MM (kanan).

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/07122016/potretnewscom_vnpba_688.jpg
Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab potretnews.com Mario Abdillah Khair SH kepada Pendiri & CEO GoRiau.com Hermanto Ansam SSi.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/07122016/potretnewscom_utkr4_683.jpg
Peserta dan panitia foto bersama dengan pembicara usai workshop. Duduk paling kiri, Steering Committee Workshop Jurnalistik Digital/Redaktur Pelaksana potretnews.com Akham Sophian (Anggota Senior PWI Provinsi Sumatera Utara/mantan Sekretaris PWI Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun).

	https://www.potretnews.com/assets/imgbank/07122016/potretnewscom_bx63f_689.jpg
Peserta dan panitia foto bersama dengan pembicara usai workshop. Duduk paling kiri, Bendahara Panitia Workshop Jurnalistik Digital/Wakil Pemimpin Umum potretnews.com Ny Vivi Ayunar SE.

Narasi:
Akham Sophian & Redaksi potretnews.com

Foto-foto:
[1]. Akham Sophian
[2]. Ishar D
[3]. Vivi Ayunar

Kategori : Pekanbaru, Umum, Peristiwa
wwwwww