PotretNews.com Kamis 09 April 2020
Home >  Berita >  Riau

Suparmin, Juara I Lomba Foto Disparekraf Riau, ”Semoga ke Depan Fotografer Kita Berkarya Lebih Baik dan Bisa Bersaing”

Suparmin, Juara I Lomba Foto Disparekraf Riau, ”Semoga ke Depan Fotografer Kita Berkarya Lebih Baik dan Bisa Bersaing”

Mewakili Kepala Dinas Disparekraf Riau, Kepala Seksi Ekonomi Kreatif, Dandun Wibawa (kiri) foto bersama sebelum menyerahkan hadiah juara I kepada Suparmin dari Kabupaten Rokan Hulu.

Minggu, 17 April 2016 23:50 WIB
Mukhlis
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Workshop Pembinaan Fotografi dan Pameran Foto Kreatif 2016 yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Riau sejak 15 April lalu, berakhir Minggu (17/4/2016) sore. Pasca-kegiatan ini, diharapkan, muncul fotografer profesional yang mampu berkarya dan bersaing. Pembinaan yang berlangsung selama tiga hari tersebut diikuti 48 peserta dari 12 kabupaten dan kota se-Provinsi Riau. Kepala Disparekraf Riau Fahmizal Usman melalui Kepala Seksi Ekonomi Kreatif Dandun Wibawa mengatakan, inti dari workshop ini adalah memberikan pencerahan dan berbagi pengalaman antara narasumber dan peserta.

"Kami berharap, melalui pelatihan dengan menghadirkan narasumber profesional, peserta mampu menyerap ilmu yang disampaikan melalui hasil karya yang baik ke depan," kata Dandun Wibawa usai acara penutupan yang berlangsung di salah satu mal di Pekanbaru.

Dandun menambahkan, ilmu yang didapat hendaknya digunakan sebaik mungkin untuk berkarya lebih baik. Sehingga dari karya tersebut, berpotensi menambah ekonomi para fotografer dan bisa memotivasi masyarakat.

Pada kegiatan yang mengangkat tema ”Fotografi Kreatif dan Fine Art”, selain workshop di dalam ruangan, peserta juga diajak langsung terjun ke lapangan. Hasil karya mereka kemudian dinilai oleh narasumber untuk kepentingan lomba dan dipajang dalam pameran untuk masyarakat umum.

Pada puncak kegiatan ini, penyelenggara mengumumkan pemenang lomba foto yang kontestannya adalah para peserta worskhop pembinaan. Berdasarkan musyawarah dewan juri, akhirnya Suparmin (peserta dari Kabupaten Rokan Hulu) ditetapkan sebagai juara pertama. Atas prestasi itu, dia diganjar uang tunai Rp15 juta. Sementara juara II dan III ditempati Harisandy dan Akhwan Gunawan (keduanya asal Pekanbaru), yang memperoleh hadiah pembinaan sebesar Rp 10 juta dan Rp7,5 juta.

Apresiasi juga dipersembahkan panitia kepada Syafri Yulianto dari Kabupaten Rokan Hilir sebagai juara harapan I dengan hadiah Rp5 juta, Kurnian Arridho (Siak, juara harapan II, Rp3,5 juta) dan juara harapan III diraih Sepriansyah (Pelalawan) yang memperoleh uang tunai Rp2,5 juta.

”Hadiah pembinaan ini sebagai wujud nyata perhatian dan penghargaan Disparekraf Riau kepada fotografer yang telah menghasilkan karya foto bernilai tinggi. Semoga ke depan mereka berkarya lebih baik dan bisa bersaing,” ujar Dandun.

Sebagai narasumber pada workshop ini, Disparekraf Riau menghadirkan narasumber Dr Iwan Zahar dari Universiti Malaysia Kelantan, Anton Ismail (Jakarta), Nurdin Halim dan Heri Budiman (keduanya dari Pekanbaru).

Pemenang Lomba Foto Disparekraf Riau 2016;
Juara I, Suparmin, dari Kabupaten Rokan Hulu, hadiah Rp15 juta.
Juara II, Harisandy, dari Kota Pekanbaru, hadiah Rp10 juta.
Juara III, Akhwan Gunawan, dari Kota Pekanbaru, hadiah Rp7,5 juta
Juara Harapan I, Syafri Yulianto, dari Kabupaten Rokan Hilir, hadiah Rp5 juta.
Juara Harapan II, Kurnian Arridho, dari Kabupaten Siak, hadiah Rp3,5 juta.
Juara Harapan III, Sepriansyah, dari Kabupaten Pelalawan, hadiah Rp2,5 juta. *v

       
        Loading...    
           
Kategori : Riau, Pekanbaru, Umum
Loading...
www www