Home > Berita > Riau
Begini Cara Disparekraf Riau Promosi Sekaligus Abadikan Objek Wisata dan Situs Bersejarah di Bumi Lancang Kuning

Kumpulkan Fotografer Andalan, Diberi Pembinaan, lalu Lombakan Hasil Jepretan

Kumpulkan Fotografer Andalan, Diberi Pembinaan, lalu Lombakan Hasil Jepretan

Pengunjung Taman Rekreasi Alam Mayang Pekanbaru terlihat gembira di atas kereta wara wiri. Foto dipetik warga Jalan Pesantren Tenayan Raya, belum lama ini.

Senin, 11 April 2016 08:18 WIB
Mukhlis

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Selama 3 hari, tepatnya pada 15, 16 dan 17 April, fotografer dari 12 kabupaten dan kota di Bumi Lancang Kuning, diundang Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Riau ke Pekanbaru untuk diberi pembinaan khusus. Kegiatan tersebut merupakan program di bidang ekonomi kreatif dan berbasis seni kebudayaan.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/11042016/potretnewscom_tlp4q_343.jpg
Foto Kadisparekraf Riau Fahmizal Usman ketika masih menjabat Direktur Keuangan Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau. (foto: tribunpekanbaru.com)

Kepala Dinas (Kadis) Parekraf Riau Fahmizal Usman, dalam perbincangan dengan dengan potretnews.com, di ruang kerjanya, Senin (11/4/2016) pagi menyebut, materi yang diberikan kepada para fotografer meliputi pembinaan, pelatihan, karya, pameran dan lomba foto.

"Saya selaku Kadisparekraf Riau, mendukung sepenuhnya kegiatan ini dan berharap akan lahir fotografer andal dalam menghadapi persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)," ujar Fahmizal, didampingi Kepala Bidang (Kabid) Ekonomi Kreatif dan Berbasis Seni Kebudayaan Tengku Zul Effendi dan Kasi Ekonomi Kreatif dan Seni Budaya, R Dandun Wibawa.

Kabid Ekonomi Kreatif dan Berbasis Seni Kebudayaan Tengku Zul Effendi menambahkan, pihak penyelenggara sudah mendapatkan para fotografer dari seluruh wilayah yang ada di Riau. Masing-masing kabupaten dan kota mengirimkan empat orang fotografer, jadi total semuanya sekitar 48 orang yang bakal mendapatkan pembinaan nanti.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/11042016/potretnewscom_ghw8j_342.jpg
Kepala Bidang Ekonomi Kreatif dan Berbasis Seni Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Riau, Tengku Zul Effendi. (foto: dok)

Sebelum dibina, imbuh Tengku Zul, para fotografer bakal diajak tur keliling Kota Pekanbaru menggunakan bus untuk memotret beberapa bangunan dan tempat-tempat bersejarah serta wisata di Pekanbaru, seperti kantor gubernur, Jembatan Leighton, Jembatan Siak III dan lokasi lainnya.

Setelah itu, kata dia lagi, peserta diberi pencerahan oleh narasumber Dr Iwan Zahar dari Universiti Malaysia Kelantan, Anton Ismail (Jakarta), dan dua dari Pekanbaru yakni, Heri Budiman serta Dr Nurdin Abdul Halim.

Dijelaskan juga oleh Tengku Zul tujuan kegiatan berdasarkan rancangan kegiatan angaran (RKA) di antaranya, akan lahir fotografer profesional dan potensi kreativitas peserta menghasilkan karya ekonomi.

"Semoga saja dalam pelaksanaan nantinya tidak ada kendala ataupun persoalan. Karena kegiatan ini murni untuk menghidupkan kreativitas para fotografer agar profesional," sebutnya.

Pada bagian lain dikemukakan Tengku Zul, hasil karya peserta akan dipamerkan di Mal SKA mulai dari jelang pembinaan untuk dilihat oleh masyarakat umum. Di tempat yang sama, akan diumumkan juga foto-foto terbaik yang keseluruhannya bakal diganjar uang pembinaan dengan total Rp43,5 juta.

”Sebagai penyemarak acara, para pengunjung pameran bakal diberi hiburan berupa penampilan musik, akustik dan tarian dari tim kita. Jadi bagi warga Pekanbaru yang ingin melihat hasil karya terbaik fotografer binaan kami silakan datang ke Mal SKA mulai 15 hingga 17 April 2016," ujarnya. *v

Kategori : Riau, Pekanbaru, Umum
wwwwww