Home > Berita > Riau

Disparekraf Riau Gelar Kegiatan Pembinaan dan Pameran Fotografi Kreatif 2016; Mengembangkan Potensi, agar Hobi Bisa Berbuah Rezeki

Disparekraf Riau Gelar Kegiatan Pembinaan dan Pameran Fotografi Kreatif 2016; Mengembangkan Potensi, agar Hobi Bisa Berbuah Rezeki

Suasana sebelum pembukaan Kegiatan Pembinaan dan Pameran Fotografi Kreatif 2016, di salah satu mal di Pekanbaru, Jumat (15/4/2016) sore. (foto: potretnews.com/mukhlis)

Jum'at, 15 April 2016 23:12 WIB
Mukhlis
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kegiatan Pembinaan dan Pameran Fotografi Kreatif 2016 yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Riau, resmi dibuka Jumat (15/4/2016) sore tadi di salah satu mal di Kota Pekanbaru. Mengundang 48 peserta dari 12 kabupaten dan kota se-Riau, program ini berlangsung selama 3 hari, 15-17 April 2016. Dalam sambutannya sebelum membuka acara, Kadis Parekraf Riau Fahmizal Usman mengatakan, forum pembinaan ini diselenggarakan dalam rangka memberikan ruang dan peluang bagi bakat fotografer di Riau, sebagai upaya meningkatkan daya tarik pariwisata.

"Momen ini kami harapkan dapat mendukung upaya peningkatan ekonomi bagi masyarakat dalam menghadapi peluang-peluang yang ada di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)," tutur Fahmizal Usman.

Harapan lainnya, pembinaan fotografi dapat meningkatkan kreativitas dalam jepret-menjepret dan berpotensi meningkatkan ekonomi para pemotret itu sendiri. ”Sederhananya, aktivitas fotografi itu bakal memperoleh dua manfaat sekaligus yakni menyalurkan hobi sekaligus berpotensi meraup rezeki,” ucapnya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/15042016/potretnewscom_zvzgu_345.jpg
Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Riau Fahmizal Usman menyampaikan sambutan. (foto: potretnews.com/mukhlis)

Secara khusus, Fahmi, demikian pria ini akrab disapa, mengingatkan peserta agar memanfaatkan sebaik mungkin kegiatan ini, sehingga nantinya ilmu yang diterima bisa diimplementasikan dengan baik pula. "Artinya, raihlah ilmu serta pengalaman sebanyak mungkin. Kami siap mendukung sepenuhnya."

Di sela-sela acara, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disparekraf Riau Tengku Zul Effendi menjelaskan, kegiatan ini tak semata-mata membina fotografer ke arah profesional, tetapi juga sebagai momen mengabadikan foto-foto terbaik bertema kebudayaan dari seluruh wilayah di Bumi Lancang Kuning.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/15042016/potretnewscom_cdfe7_346.jpg
Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disparekraf Riau Tengku Zul Effendi (kiri) dan pejabat Disparekraf Riau. (foto: potretnews.com/mukhlis)

Diuraikan Zul, bentuk kegiatan dimulai dari materi pembinaan, pelatihan, praktik, berkarya, pameran hingga lomba dengan tema ”fotografi kreatif dan fine art”. Pembinaan terhadap fotografer berlangsung di salah satu hotel. "Hasil karya para fotografer itu akan diperlombakan. Kita dari penyelenggara akan berdiskusi mencari pemenang satu hingga harapan tiga, dan semua diganjar hadiah uang tunai yang totalnya Rp43 juta," ujarnya.

Salah seorang narasumber, Heri Budiman (Pekanbaru) mengakui jika pemotret di Riau yang secara totalitas dan konsisten mengangkat genre fine art (cabang fotografi yang lebih menitikberatkan nilai estetika dan intelektual dalam karya-karyanya, red), masih sangat minim. Dia mengimpikan, kelak bakal bermunculan fotografer yang fokus bermain di genre ini.

Selain Heri, narasumber lain yang diundang memberi pencerahan ialah; Dr Iwan Zahar dari Universiti Malaysia Kelantan, Anton Ismail (Jakarta), dan Dr Nurdin Abdul Halim (Pekanbaru). *v

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/15042016/potretnewscom_wuv5m_347.jpg
Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Riau Fahmizal Usman (nomor 3 dari kiri) dan pejabat dinas tersebut foto bersama perwakilan peserta Pembinaan dan Pameran Fotografi Kreatif 2016. (foto: potretnews.com/mukhlis)

Kategori : Riau, Umum
wwwwww