PotretNews.com Minggu 22 Juli 2018

Di Era Digital, Kompetisi Media Online Kian Ketat, Rida K Liamsi: Ikuti Kemauan Pembaca dan Suguhi Berita Menarik

Di Era Digital, Kompetisi Media Online Kian Ketat, Rida K Liamsi: Ikuti Kemauan Pembaca dan Suguhi Berita Menarik

Tokoh pers nasional H Rida K Liamsi.

Rabu, 25 November 2015 07:45 WIB
BATAM, POTRETNEWS.com - Kebiasaan orang menulis status atau ide-idenya di media sosial mampu mempengaruhi gaya bahasa media. Terutama, media pemberitaan online.”Kecenderungannya begitu, judul yang pakai bahasa seperti di medsos itu yang paling banyak diklik pembaca,” kata tokoh pers nasional yang juga Direktur Utama Jawa Pos National Network (JPNN) Rida K Liamsi di Harmoni One Hotel, Batam, Selasa (24/11/2015).

Kata Rida, pola bahasa yang lazim digunakan di medsos sedikit banyak telah mempengaruhi ketertarikan pembaca mengakses konten berita. Sehingga, media juga mesti menyesuaikan suguhan beritanya demi menggaet segmen pembaca dunia maya yang jangkauannya lebih luas.

”Jadi pakem 5W1H (what, when, where, who, why dan how) itu bisa diambil mana yang paling menarik, bisa who (siapa), when (kapan), atau yang lainnya,” kata Rida yang pernah menjabat Ketua PWI Riau dua periode.

Ads
Bos media itu menilai, media harus terus memperhatikan kemauan pembaca dan cerdas mengolah dinamika pergeseran kehendak pasar seiring kemajuan teknologi. Tujuannya, kata ia, menyuguhkan berita yang informatif dan dibutuhkan sekaligus enak dibaca.

“Bisa dibayangkan, begitu banyaknya media online yang berebut pembaca yang sama, jadi suguhan kita harus menarik,” Rida mengingatkan. ***

loading...
(Akham Sophian)
Kategori : Teknomotif
Sumber:Batampos.co.id
PMB Unilak 2018/2019
wwwwww