Diblokir di Indonesia, Apa Itu Tumblr?

Diblokir di Indonesia, Apa Itu Tumblr?

Ilustrasi.

Minggu, 06 Maret 2016 00:25 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) memblokir situs jejaring sosial dan mikroblog Tumblr. Pasalnya, situs tersebut dianggap menyebarkan konten pornografi. Tahukah Anda apa itu Tumblr? Berikut adalah penjelasan ringkasnya.Dari mekanisme operasinya, Tumblr sebenarnya mirip Twitter. Platform tersebut memungkinkan pengguna membagi beragam jenis posting.Baik berbentuk teks, video, foto, GIF, tautan, maupun quote.

Pengguna juga bisa memanfaatkan kemampuan "Re-blog" yang mirip dengan fungsi "Re-tweet". Pun begitu, Tumblr tak serta-merta sama dengan Twitter. Kedua platform tetap punya perbedaan yang signifikan.

Pertama, Tumblr dilengkapi fitur chat yang memungkinan penggunanya mengobrol maya dengan pengguna lain secara privat dan real time. Syaratnya, kedua pengguna harus saling mengikuti.  

Hal ini bisa saja dimungkinkan Twitter lewat fitur direct message (DM). Tapi, antarmuka DM tak membuat alur komunikasi antarpengguna secepat fitur chat pada Tumblr.

Selain itu, Tumblr tak punya batasan 150 karakter seperti Twitter. Pengguna lebih bebas mengekspresikan gagasannya tanpa dibatasi kuota karakter.

Hanya saja, karakteristik Tumblr cenderung membuat penggunanya menulis artikel singkat, dalam artian tak sepanjang yang biasanya diunggah ke Wordpress atau Blogspot.

Ada pula karakteristik Pinterest tertuang pada Tumblr. Jika pengguna melihat sesuatu yang menarik di jagat maya, pengguna bisa mengklik"Share on Tumblr".

Lalu, pengguna dapat mengelompokkan konten-konten visual tertentu dengan direktori berdasarkan tag dan wilayah geografis.

Dengan begitu, saat membuka Tumblr, pengguna bisa mencari inspirasi layaknya saat membuka Pinterest. Cukup tekan kata kunci tertentu, maka deretan konten visual yang terhimpun di Tumblr akan muncul.

Diketahui, Tumblr didirikan sejak 2007 oleh seorang pengusaha internet muda bernama David Karp. Belakangan, Tumblr dicaplok Yahoo dengan harga akuisisi Rp 10 triliun.

Setelah dipegang Yahoo, Tumblr tak menunjukkan pengembangan berarti. Baik dari basis pengguna, maupun pembaruan fitur. ***

Editor:
M Yamin Indra

Sumber:
Kompas.com

Kategori : Teknomotif
wwwwww