50 Tahun Lagi, Manusia Bisa Hidupkan Orang Mati secara Virtual

50 Tahun Lagi, Manusia Bisa Hidupkan Orang Mati secara Virtual

Manusia virtual. (foto: teesside university)

Kamis, 29 Oktober 2015 09:45 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Mungkin tidak ada yang lebih menyedihkan selain melihat orang yang kita kasihi meninggal dunia. Namun, menurut dosen dari Universitas Teeside, Simon McKewon, 50 tahun lagi manusia bisa menghidupkan kembali kerabat mereka, bahkan membuatnya hidup abadi! Bagaimana caranya? Tentu yang dimaksud McKewon, tidak menghidupkan manusia secara nyata, melainkan secara virtual dengan menggunakan komputer. Menurut McKewon, setengah abad lagi komputer sudah cukup canggih untuk menciptakan "kehidupan digital buatan".

Orang yang telah meninggal akan "dihidupkan" lewat proses 'hotogrammetry yang bakal membuat bayangan virtual orang tadi. Bayangan virtual itu dibuat berdasarkan foto atau video orang tadi dalam bentuk tiga dimensi.

Keluarga almarhum nantinya bisa berinteraksi dengan bayangan virtual tersebut, bahkan berbincang langsung. Segala kata yang diucapkan, gerakan, pola pikir, dan kesukaan manusia virtual tadi berasal dari data yang didapat dari akun sosial medianya.

"Di masa depan, Anda tidak akan pernah mengalami kehilangan orang yang dicintai. Anda juga dapat menambahkan mereka yang meninggal ke pohon keluarga virtual. Menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang berbasis emosi, anggota keluarga yang mati bisa tetap menjalin hubungan dengan yang masih hidup dan berevolusi secara digital" jelas McKewon, Daily Mail (28/10).

Apa yang dimaksud berevolusi secara digital? Nantinya "otak" manusia virtual itu akan disambungkan dengan sosial media anggota keluarga lain. Jadi, semisal ada anggota keluarga yang memposting acara liburan hingga kelulusan ujian, maka manusia virtual tadi akan tahu dan bisa menggunakan topik-topik tadi sebagai bahan pembicaraan.

Soal suara pun tidak usah khawatir, sebab manusia virtual bisa dibuat menirukan suara orang yang meninggal berikut aksen bahasanya. Menarik atau menakutkan? ***

(M Yamin Indra)
Kategori : Teknomotif
Sumber:Merdeka.com
wwwwww