Pentingnya Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar

Pentingnya Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar

Ilustrasi. Sumber gambar:klipaa.com

Kamis, 02 November 2023 08:16 WIB

Oleh Suhartini*

Ilmu pengetahuan alam atau di singkat IPA adalah ilmu pengetahuan tentang alam dan seisinya yang harus di pelajari dengan tujuan meningkatkan rasa cinta anak pada ilmu pengetahuan alam secara mendasar dan sedini mungkin sehingga siswa dapat terus mempelajari dan dikembangakan,dimodifikasi dibudidayakan sehingga tingkat perguruan tinggi.

Sains atau IPA adalah ilmu alam dan manusia yang saling terpaut antara satu dan yang lain saling membutuhkan perlu dipertanggungjawab dan dinikmati sebagai hak yang diwajib di terima sebagai makluk social di lingkungan alam tempat tinggal tersebut.

Pertumbuhan dan perkembangan anak SD sangat dominan untuk di berikan bekal awal tentang penting nya menjaga alam hayati karena waktu perkembangan mereka adalah waktu emas di nilai paling maju dan canggih untuk sebuah pengetahuan yang mendasar baik secara fisik maupun Pemikiran.

Pertumbuhan maupun perkembangan anak sekolah dasar dapat dilihat secara jelas baik dari bentuk fisik,emosi,maupun kepribadian karena pada waktu siswa di tingkat mendasar dia akan mudah bergaul,berbaur bahwakan meniru setiap apa yng dilihat dan di dengar nya dalam sebuah lingkup sebuah lingkungan.

Selain itu juga berat dan bobot seorang anak bukan lah menjadi tolak ukur karena hal tersebut dipicu dengan beberapa sebab seperti gen maupun keturunan serta pola makan yang sehat dan teratur.Namun secara kognitif perkembanganya sudah mula terlihat dari cara berhipotesis dalam menentukan pilihan kesukaan minat serta apa yang diinginkan lebih menjurus ke tujuan.

IPA adalah sebuah konsep yaitu bersifat empiric dalam artian ilmu dan konsep pembelajaran yang mempelajari alam dan seisinya baik secara alami maupun buatan yang dapat dipelajari secara ilmiah.Yang kedua adalah konsep Pengamatan dalam arti Belajar IPA SD dilakukan dengan melakukan penelitian sederhana, percobaan, observasi, yang dilakukan secara ilmiah dan analisa yang rasional serta objektif sesuai dengan teori maupun praktik.

Yang terakhir, konsep dari pembelajaran IPA SD adalah mencakup teori di ruangan kelas dan juga praktek di lapangan walupun hnaya bersifat sederhana ruang lingkup nya.
IPA adalah hasil nyata baik secara alami maupun buatan seperti membuat lansung atau menciptakan maupun menemukan yang sudah ada.

Seorang siswa sekolah dasar tidak menutup kemungkinan bisa menemukan,memodifikasi dan membuat sesuatu hal yang baru .IPA adalah hasil sebuah karya ciptaan yaitu produk dari penemunya tentang suatu fenomena untuk ditelliti lebih lanjut sumber dan kebenaran nya.Dalam sebuah konsep ilmiah penemuan maupun penciptaan sesuatu hak cipta atau suatu objek harus didasarkan dengan bukti yang sahih dan memilik sebuah proses yang sistematis serta memiliki bukti fisik yang nyata bukan hanya bualan atau teori saja.

Pelajaran IPA mampu melahirkan rasa penasaran keinginan untuk mengetahui lebih lengkap penuh kesadaran akan sebab akibat dampak baik dan buruk nya sebuah hubungan makhluk hidup seperti manusia,hewan maupun tumbuhan terhadap lingkungan alam itu sendiri.Sehingga apa pun yang akan di lakukan makhluk hidup terhadap lingkungan nya perlu sebuah pertanggungjawaban,dan perlu sebuah konsekuensi jika kewajiban tidak terlaksana dengan baik.

Perlu nya pembekalan ilmu alam atau IPA di jenjang sekolah dasar adalah sebagai bentuk ilmu dasar agar bisa memahami penting nya kesadaran bahwa lingkungan alam perlu di pertanggung jawabkan keberlansungannya agar makhluk hidup bisa menikmati alam itu sendiri..Dapat menikmati hak sebagai manusia di lingkungan alam maupun kewajiban nya terhadapa alam itu sendiri.

Selain itu banyak hal yang positif dapat kita petik dari pembelajran IPA diantaranya adalah untuk membentuk anak menjadi pribadi yang pandai bersyukur. Sehingga tumbuh rasa ingin menjaga sesuatu yang dimiliki dengan penuh tanggung jawab wajib di lestarikan khususnya kalangan anak-anak SD.Alam adalah nikmat tuhan yang wajib di jaga keberlansungan nya,jadilah sahabat alam sejak dini.

Pembelajaran IPA berperan penting dalam kehidupan manusia dan lingkungan nya baik dari kehidupan luar yaitu alam hayati maupun ilmu keterampilan manusia.Alam dan sesisinya adalah karunia tuhan bagi kehidupan makluknya.***

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/03112023/potretnewscom_fgzxg_2738.jpg

*Penulis, Suhartini, SPd
Kepala SDN 53 Bengkalis

Kategori : Opini
wwwwww