DPRD Kepulauan Meranti Pekuat Koordinasi dengan Unsur Terkait demi Optimalkan Penanganan Bencana

Kamis, 21 Maret 2024 16:07 WIB
dprd-kepulauan-meranti-pekuat-koordinasi-dengan-unsur-terkait-demi-optimalkan-penanganan-bencanaKomisi III DPRD Kepulauan Meranti saat melakukan kunjungan kerja ke BPBD Provinsi Riau, beberapa waktu lalu. (F-ISTIMEWA)
SELATPANJANG, POTRETNEWS.com — Para wakil rakyat di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Meranti terlibat aktif dalam upaya penanganan bencana dengan melakukan koordinasi ke BPBD dan unsur terkait lainnya. Mengawali kinerja tahun 2024, Komisi III DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti melakukan kunjungan kerja ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, beberapa waktu lalu.

Ketua Komisi III DPRD Kepulauan Meranti, Sopandi Rozali, SSos mengatakan tujuan kunjungan tersebut untuk memastikan program dan kegiatan pencegahan dan penanggulangan bencana dari Provinsi Riau dikucurkan untuk wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2024.

Pertemuan tersebut difokuskan pada evaluasi kesiapan dan respons BPBD terhadap potensi bencana di wilayah tersebut. Anggota komisi mendiskusikan upaya kolaboratif antara pemerintah daerah dan BPBD. Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan koordinasi yang efektif dalam menjaga keamanan dan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana.

Anggota Komisi III secara aktif terlibat dalam memastikan bahwa setiap kabupaten memiliki rencana pencegahan dan penanggulangan bencana yang terintegrasi, responsif, dan sesuai dengan karakteristik lokal. Upaya kolaboratif ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan yang optimal dan koordinasi yang efisien antara tingkat provinsi dan kabupaten dalam menghadapi potensi bencana.

Dalam pertemuan itu, DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti juga mengantisipasi potensi cuaca ekstrem yang sering terjadi di wilayah tersebut. Bersama BPBD Provinsi Riau, Komisi III DPRD membahas langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan bencana terkait cuaca ekstrem, termasuk upaya dalam meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat.

Evaluasi rencana mitigasi dan alokasi anggaran untuk penanggulangan dampak cuaca ekstrem juga menjadi fokus diskusi, dengan tujuan memastikan keamanan dan kesejahteraan warga dihadapi dengan efektif.

"Kedatangan kita Komisi III DPRD Kepulauan Meranti ke BPBD Riau adalah dalam rangka melakukan koordinasi untuk mengantisipasi dan memastikan program kegiatan pencegahan dan penanggulangan bencana terhadap antisipasi potensi cuaca ekstrim yang selama ini ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti," kata Ketua Komisi III DPRD Kepulauan Meranti, Sopandi Rozali.

Kedatangan ke BPBD Provinsi Riau itu juga dalam rangka untuk memastikan informasi yang jelas mengenai kebutuhan yang dihadapi guna memfasilitasi proses permintaan bantuan peralatan untuk penanggulangan bencana bagi BPBD Kabupaten Kepulauan Meranti melakukan pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap adanya bencana.

Selain berkoordinasi dan mengajukan bantuan secara kolaboratif guna memperkuat peluang untuk mendapatkan alat penanggulangan bencana yang dibutuhkan, Komisi III DPRD Kepulauan Meranti juga berkoordinasi dengan lembaga-lembaga terkait seperti lembaga kemanusiaan, atau organisasi non-pemerintah yang terlibat dalam penanggulangan bencana.

"Dalam menghadapi dinamika alam yang tidak terduga, koordinasi yang efektif antara DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, BPBD, dan berbagai pihak terkait menjadi landasan utama untuk menanggulangi dampak bencana alam. Oleh karena itu, koordinasi yang berkelanjutan menjadi kunci keberhasilan, memastikan langkah-langkah pencegahan dan respons terhadap bencana dapat diimplementasikan secara efisien," kata Sopandi lagi.

Keterlibatan aktif dari berbagai pihak menunjukkan komitmen bersama dalam menghadapi tantangan bencana alam. Untuk itu koordinasi ini juga menitikberatkan pada peningkatan kesiapsiagaan masyarakat. Program edukasi dan pelatihan bencana diintensifkan untuk memberdayakan warga agar dapat bertindak cepat dan aman saat menghadapi bencana alam.

"Kami juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut berperan aktif dan bersinergi dengan pemerintah daerah untuk bergerak cepat dan responsif terhadap bencana alam seperti kebakaran hutan banjir dan lain sebagainya," pungkasnya.***(Adv)

Kategori : Pemerintahan, Meranti
wwwwww