Warga Kinali Kuansing Diajak Bupati Mursini Perkuat Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi

Warga Kinali Kuansing Diajak Bupati Mursini Perkuat Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi

Bupati Kuansing Mursini menyerahkan secara simbolis bibit padi kepada seorang warga Desa Kinali, Rabu (1/7/2020).

Rabu, 01 Juli 2020 22:33 WIB
Kasmalinda

KINALI, POTRETNEWS.com — Orang nomor satu di Kabupaten Kuantan Singingi Riau, Drs H Mursini MSi kembali menyambangi Desa Kinali Kecamatan Kuantan Mudik pada Rabu (1/7/2020). Kehadirannya ke wilayah ini untuk menyemai benih padi di sawah.

Agenda bupati ke Kinali tidak hanya itu. Pada kesempatan yang sama, dia juga menyerahkan bantuan pupuk dan benih padi. Meski dihadiri puluhan orang, kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang baik.

Bupati Kuansing Mursini dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk terus melakukan penguatan ketahanan pangan apalagi saat ini sedang menghadapi pandemi Covid-19.

Dia mengatakan, kendati pemerintah belum bisa memenuhi semua kebutuhan pangan masyarakat, tetapi setidaknya ini bisa mengurangi beban petani dalam masa pandemi. Tidak lupa dia para petani menjaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan dikarenakan banyak petani yang sudah berusia lanjut.

”Hari ini saya berada di sini memberikan semangat kepada para petani dan ibu bapak untuk menghadapi virus corona ini. Tetap waspada, ikuti semua imbauan pemerintah, tapi tetap menjalankan fungsi sebagai petani,” tandasnya.

Mengapresiasi kehadiran bupati ke acara tersebut, Kepala Desa Kinali Ahmad Sukanela dalam pidatonya mengucapkan terima kasih atas kedatangan Mursini di sela-sela kesibukannya sebagai kepala daerah.

Dia bercerita, kegiatan acara yang digagas pemerintah desa setempat dalam rangka meningkatkan produksi pangan mandiri. Pihaknya menganggarkan dana desa sebesar Rp58 juta untuk pembelian benih padi dan pupuk, yang akan diberikan kepada warganya. ”Semoga program ini bisa meringankan beban para petani kita ,” tuturnya.

Ahmad Sukanela mengungkapkan, sebanyak 190 karung pupuk dan 1.900 kilogram benih padi bakal ditabur di hamparan lahan seluas lebih kurang 150 hektar.

”Saya berharap masyarakat Kinali dapat memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan ekonomi. Setidaknya masyarakat Kinali tidak membeli beras lagi,” ujarnya, sembari mengusulkan kepada bupati untuk berkenan mengaspal jalan utama di desanya. ***

Kategori : Kuansing, Umum
wwwwww