Antusiasnya Mahasiswa di Pekanbaru Berlatih Membuat Siaran Pers

Antusiasnya Mahasiswa di Pekanbaru Berlatih Membuat Siaran Pers

Foto bersama usai berakhirnya sesi diskusi akhir tahun.

Sabtu, 28 Desember 2019 19:40 WIB
Ishar D

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Koran Online potretnews.com menggelar Diskusi Akhir Tahun dan Diklat Penulisan Berita Singkat Layak Siar/Siaran Pers di kantornya, kawasan Tenayanraya Pekanbaru, Sabtu (28/12/2019).

Pelatihan diberikan kepada sejumlah mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Suska, Universitas Islam Riau, dan Universitas Lancang Kuning (Unilak). Mereka sengaja dipilih sebagai peserta karena dinilai memiliki minat kuat dalam menulis.

BERITA TERKAIT:

* Intelektual Muda Riau di Malaysia ”Tantang” Kaum Milenial Lahirkan Karya Tulis

Materi yang diberikan dalam diklat di antaranya teknik menulis siaran pers, yang diisi dengan teori sebanyak 25 persen dan praktik 75 persen. Materi ini dipaparkan oleh Pemimpin Redaksi potretnews.com Mario Abdillah Khair.

Salah seorang peserta dari UIN Suska Riau, Ofika R Julias berpendapat, diklat terkait penulisan sangat penting guna menunjang aktivitas sehari-hari sebagai fungsionaris organisasi kemahasiswaan.

”Sangat penting untuk belajar menulis jurnalistik seperti ini. Apa saja unsur berita layak siar dan apa tips agar siaran pers yang kita kirim berpeluang dimuat di media massa,” ujarnya.

Saat simulasi menulis siaran pers, peserta antusias membuat berita tentang diskusi dan diklat yang sedang berlangsung, dengan judul dan lead yang beragam. Hasilnya, seluruh peserta telah memiliki kemampuan dasar menulis siaran pers. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww