Home > Berita > Umum

Buaya Sepanjang 1,5 Meter Masuk ke Kolam Ikan Warga di Dusun Bukitpayung Kampar

Buaya Sepanjang 1,5 Meter Masuk ke Kolam Ikan Warga di Dusun Bukitpayung Kampar

Komentar Seekor buaya sinyulong yang dievakuasi BBKSDA Riau dari kolam ikan warga di Desa Sungai Paku, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Riau, Rabu (21/8/2019). (BBKSDA RIAU VIA KOMPAS)

Jum'at, 23 Agustus 2019 08:17 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau mengevakuasi seekor buaya yang masuk ke kolam ikan warga di Dusun Bukitpayung, Desa Seipaku, Kecamatan Kamparkiri, Kabupaten Kampar, Riau.

Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Riau Andri Hansen Siregar mengatakan, buaya tersebut jenis buaya sinyulong (Tomistoma schlegelii), yang merupakan satwa dilindungi.

"Buaya sinyulong yang kita evakuasi ini panjangnya 1,5 meter," sebut Hansen, Kamis (22/8/2019). Buaya tersebut, sambung dia, dievakuasi pada Rabu (21/8/2019). Buaya dievakuasi dari kolam ikan milik Syafrizal. "Buaya kita evakuasi menggunakan jaring," sebut Hansen.

Masuknya seekor buaya sinyulong ke kolam ikan, lanjut dia, terlihat oleh warga pada Ahad (18/8/2019) sore lalu. Warga penjaga korban melapor ke BBKSDA Riau. Berdasarkan dari pengamatan petugas BBKSDA Riau, hewan buas tersebut berasal dari sebuah sungai yang tidak jauh dari kolam ikan warga.

”Menurut keterangan penjaga kolam, pada sungai dimaksud memang sering terlihat buaya berjenis sinyulong," ujar Hansen.

Kronologi evakuasi
Kemudian pada hari, Senin (19/8/2019), petugas berupaya melakukan penangkapan terhadap buaya, dan dibantu oleh beberapa orang warga setempat.

Namun petugas mengalami kegagalan, karena terkendala kondisi kolam yang luasnya lebih kurang 100x100 meter persegi, dan kedalaman dua meter. Untuk itu, petugas meminta pemilik kolam untuk menurunkan debit air.

Keesokan harinya, Selasa (20/8/2019), debit air kolam masih belum sepenuhnya surut. "Tim akhirnya memasang jaring di kolam untuk menangkap buaya," kata Hansen.

Sehingga pada, Rabu (21/8/2019), buaya tersebut terperangkap pada jaring yang dipasang petugas, dan berhasil dievakuasi hingga malam hari. Kata Hansen, buaya sinyulong itu telah dilepasliarkan kembali ke habitatnya.

”Pelepasliaran kita lakukan tentunya jauh dari permukiman warga, yakni di Sungai Singingi, Desa Tanjung Pauh, Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau," pungkasnya. ***

Berita ini telah tayang di kompas.com dengan judul "Seekor Buaya Sinyulong Masuk ke Kolam Ikan Warga di Riau"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Kampar
wwwwww