Home > Berita > Umum

Buaya Muncul di Pantai Carocok Pesisirselatan Sumbar

Buaya Muncul di Pantai Carocok Pesisirselatan Sumbar

Penampakan buaya di Pantai Carocok Pesisir Selatan, Sumatera Barat. (YouTube/KOMPAS)

Kamis, 22 Agustus 2019 09:23 WIB

PADANG, POTRETNEWS.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Pesisir Selatan Sumatera Barat telah mengidentifikasi bahwa buaya yang muncul di Pantai Carocok, Pesisir Selatan, adalah buaya muara.

”Setelah kami identifikasi buaya yang muncul di Pantai Carocok itu adalah buaya muara yang keluar dari habitatnya," kata Kepala BKSDA Resor Pesisir Selatan, Bilmar, Rabu (21/8/2019).

Bilmar menyebutkan, sejak kemunculan buaya yang videonya viral di media sosial itu, pihaknya sudah melakukan observasi dan identifikasi.

Bilmar mengatakan, kuat dugaan kemunculan buaya itu dikarenakan adanya pembuangan sisa potongan hewan kurban yang dibuang ke laut dan sungai.

”Kemungkinan dipicu karena pembuangan sisa potongan hewan kurban," sebut dia. Selain itu, menurut Bilmar, juga dipicu adanya penyempitan habitat buaya muara, akibat adanya alih fungsi rawa dan hutan bakau menjadi perkebunan sawit.

”Jadinya buaya muara berenang mencari muara lain yang aman dan punya sumber makanan yang cukup. Kami imbau warga waspada," ujar dia.

Untuk diketahui, video penampakan seekor buaya di obyek wisata Pantai Carocok Painan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menjadi viral di media sosial YouTube. ***

Berita ini telah tayang di kompas.com dengan judul "Buaya Muncul di Pantai Carocok Diduga karena Pembuangan Sisa Hewan Kurban"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww