Gubernur Riau: Pembakar Hutan dan Lahan Bertobatlah!

Gubernur Riau: Pembakar Hutan dan Lahan Bertobatlah!

Gubernur Riau, Syamsuar. (INTERNET)

Rabu, 31 Juli 2019 13:17 WIB

SIAK, POTRETNEWS.com - Kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau terus terjadi setiap tahunnya. Karhutla di ‘Bumi Lancang Kuning’ itu diduga akibat oleh manusia tak bertanggungjawab. Untuk itu, Gubernur Riau, Syamsuar meminta agar pelaku pembakaran hutan insaf alibat bertobat.

"Saya minta pembakar lahan itu bertobat," kata Syamsuar saat menghadiri acara peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di Kotogasib, Siak, Riau, Rabu (31/7/2019).

Bupati Siak dua periode itu mengatakan, karhutla di Riau merupakan hal yang disengaja. Dia menyebut ulah pelaku pembakar hutan sudah sangat meresahkan.

Syamsuar berharap peristiwa kebakaran hutan dan lahan di Riau tahun 2014 dan 2015 tidak terulang di 2019. Karena saat itu, kabut asap melumpuhkan perekonomian Riau dan banyak warga terpapar penyakit karena asap.

"Saya tegaskan bahwa yang ada sekarang bukan kebakaran tapi pembakaran. Ini artinya kebakaran disengaja, ada pelakunya. (Kalau ada asap) bukan hanya kita aja yang kena sekso (tersiksa) masyarakat luas juga tersekso. Bahkan negara tetangga kita Malaysia dan Singapura pura juga kena sekso," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa saat ini kebakaran hutan dan lahan terjadi di beberapa wilayah, termasuk di Kabupaten Siak. "Siak memang ada terbakar tapi paling banyak sekarang kabupaten tetangga, Pelalawan. Kita imbau hentikan pembukaan lahan dengan cara bakar," pinta Syamsuar. ***

Berita ini telah tayang di okezone.com dengan judul "Gubernur Riau: Saya Minta Pembakar Hutan dan Lahan Bertobat!"

Editor:
Akham Sophian

wwwwww