PotretNews.com Minggu 22 September 2019

Lonjakan Penumpang di Sungaiduku Pekanbaru Bakal Terjadi H-3

Lonjakan Penumpang di Sungaiduku Pekanbaru Bakal Terjadi H-3

Seorang porter memasuki salah satu speedboat sesaat jelang keberangkatan di Pelabuhan Sungaiduku, Pekanbaru. (GATRA)

Senin, 27 Mei 2019 09:39 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Lonjakan arus mudik di Pelabuhan Sungaiduku Pekanbaru, diperkirakan bakal terjadi pada H-3 Idul Fitri 2019.Menurut petugas Syahbandar yang bertugas di posko pemantauan mudik Pelabuhan Sungaiduku, Arifin, saat ini mobilitas penumpang di pelabuhan milik Pemerintah Kota Pekanbaru itu masih terpantau normal.
 
"Saat ini masih normal, keberangkatan belum mencapai 250 penumpang. Diprediksi baru sibuk pada H-3," terangnya, Ahad (26/5/2019).

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) di posko mudik Pelabuhan Sungaiduku, terdapat lima armada kapal yang beroperasi di pelabuhan itu antara lain; Kapal Motor Jelatik, Speed Boat Meranti Jaya Express , Speed Boat Naga Line, Speed Boat Porti Express dan Speed Boat Siak Wisata 19.
 
Adapun Kapal Motor (KM) Jelatik menjadi kapal dengan daya angkut terbanyak di Pelabuhan Sungaiduku. Sekali jalan kapal ini dapat membawa 169 penumpang. Sementara itu kelas Speedboat  daya angkutnya bervariasi, mulai 108 penumpang (Meranti Jaya Express), 101 penumpang (Nagaline), dan Porti dengan 84 penumpang. Semua kapal tersebut melayani rute Pekanbaru - Selatpanjang, berangkat setiap hari, kecuali KM Jelatik yang memiliki jadwal keberangkatan Selasa, Kamis dan Sabtu.
 
Arifin menambahkan, arus mudik di pelabuhan itu menunjukan tren penurunan sejak beberapa tahun belakangan. Hal itu disebabkan berkurangnya rute pelayaran menuju Pelabuhan Sungaiduku. Disamping itu keberadaan travel dengan rute Pekanbaru-Pelabuhan Mengkapan Tanjungbuton, Kabupaten Siak,  turut andil mengurangi penumpang.

”Dulu kan selain ke Siak dan Selatpanjang, pelabuhan ini juga melayani rute ke Pulau Bengkalis, Melaka (Malaysia) dan Batam (Kepulauan Riau). Sekarang cuma ke Selat Panjang paling jauh. Kini sebagian penumpang juga memilih langsung menuju Buton," tambahnya.
 
Untuk diketahui saat ini harga tiket Pekanbaru - Selatpanjang paling mahal Rp162 ribu (tiket speedboat). ***

Artikel ini telah tayang di gatra.com dengan judul "Lonjakan Penumpang di Sungai Duku Bakal Terjadi H-3"

Editor:
Akham Sophian
Ads
       
        Loading...    
           
Kategori : Pekanbaru, Umum
       
        Loading...    
           
wwwwww