PotretNews.com Jum'at 15 November 2019
Home >  Berita >  Umum

Ramadan, Berkah bagi Penjual Bunga di Sekitar Pemakaman di Kota Pekanbaru

Ramadan, Berkah bagi Penjual Bunga di Sekitar Pemakaman di Kota Pekanbaru

Warga berjualan bunga di sekitar pemakaman/DETIKCOM.

Minggu, 05 Mei 2019 12:28 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Jelang Ramadan, sejumlah masyarakat berziarah kubur. Ramainya masyarakat berziarah dijadikan momen untuk mencari rezeki, tak terkecuali di Pekanbaru. Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Jl Kartama, Kecamatan Marpoyan Damai ramai oleh masyarakat sekitar yang melaksanakan ziarah kubur. Sejak pagi hingga siang hari, masyarakat silih berganti untuk berziarah kubur ke keluarganya.

Sejumlah warga memanfaatkan momen tersebut untuk berjualan kembang di sekitaran jalan menuju TPU. Mereka berjejer sembari membawa kemasan kembang dalam bungkusan plastik berisi air.

Penjaja kembang itu berasal dari anak-anak sampai orang dewasa. Mereka menawarkan dagangannya kepada calon pembeli setiap ada kendaraan yang akan masuk ke TPU. "Bunganya, Pak, Bu," kata mereka menawarkannya, Minggu (5/5/2019).

Harga bunga dalam kemasan plastik berisikan air yang mereka tawarkan Rp 10 ribu per bungkusnya. Harga ini masih bisa ditawar, jika mengambil dua bungkus menjadi Rp 15 ribu.

Rini (14) siswi SMP itu salah satu dari penjual bunga di kawasan pemakaman itu. Dia bersama warga lainnya sudah sepekan terakhir menjajakan kembang walau biasanya hanya ada satu atau dua warga yang memang tetap berjualan di TPU tersebut.

Menjelang Ramadhan ini, Rini cs ikut meramaikan jualan bunga mengais rezeki. Siswa berhijab itu mengaku satu hari dia bisa menghabiskan 10-15 bungkus.

"Kalau dekat bulan puasa sejak dulu warga sekitar sini ramai berjualan bunga. Alhamdulillah, ramai juga yang beli bunga," kata Rini.

Tak sekadar menjual bunga, warga setempat dua pekan sebelum Ramadan juga melakukan pembersihan makam. Ilalang yang tumbuh di sekitar kuburan dibersihkan warga setempat.

Setelah itu, warga setempat menyediakan kotak amal di tepi jalan untuk meminta sumbangan kepada warga yang berziarah. Mereka tidak mematok harga, melainkan sumbangan sukarela yang diberikan para peziarah.

"Kalau jelang Ramadan, pemakaman di kawasan ini selalu diberikan warga setempat. Kita berterima kasih kepada warga yang masih membersihkan makam-makam yang ada di sini. Kita juga ikhlas untuk memberikan sumbangan buat mereka," kata Rohim (45) salah seorang yang berziarah.

Di TPU Jl Kartama ini, setidaknya ada tiga lokasi kawasan makam yang berjarak sekitar 100 meter saja. TPU ini disediakan untuk sebagian warga di Kecamatan Tampan, Kecamatan Marpoyan Damai, dan sekitarnya. ***

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Mereka yang Mencari Rezeki di Pemakaman Jelang Ramadhan di Pekanbaru"

Editor:
Akham Sophian
       
        Loading...    
           
Kategori : Umum, Pekanbaru
       
        Loading...    
           
www www