PotretNews.com Senin 19 Agustus 2019
Home > Berita > Riau

Rutan Siak Tinggal Puing, Ratusan Napi Dipindahkan ke Sini

Rutan Siak Tinggal Puing, Ratusan Napi Dipindahkan ke Sini

Suasana di Rutan Siak.

Sabtu, 11 Mei 2019 16:12 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Riau memindahkan ratusan penghuni rumah tahanan (Rutan) Siak pascakebakaran dan kerusuhan. Mereka dipindahkan ke Lapas Kelas IIA Bengkalis dan Pekanbaru serta ke Rutan Kelas IIB Rengat."Kita evakuasi ke tiga tempat itu. 34 orang masih kabur. Total warga binaan di rutan Siak 648 orang," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, M Diah, Sabtu (11/5/2019).

Diah juga mengaku, Rutan Kelas IIB Siak memang melebih kapasitas. Penghuni rutan ini semestinya hanya 124 orang. "Itu kita akui. Tapi apa daya. Untuk saat ini kita evakuasi dulu mereka ke tiga tempat tersebut. Napi yang kabur sudah ditangani Polda Riau," kata dia.

Rutan Kelas II Siak pascakerusuhan, Sabtu pagi tadi tinggal puing. Mesjid rutan dan kantor bagian depan hangus terbakar. Puncak kemarahan ratusan napi diduga berawal akibat adanya perlakuan kekerasan dari para penjaga terhadap sejumlah warga binaan.

Ads
Para napi tak terima, dengan cepat dan spontan mereka mendobrak masing-masing pintu sel.

Bahkan sangking jengkelnya, napi menjebol dan menghancurkan ruang tahanan hingga semuanya bisa keluar dari sel. Tidak sampai disitu, penghuni rumah tahanan ini juga mengambil senjata laras panjang milik petugas yang disimpan di dalam rutan.***

Kategori : Riau, Siak, Peristiwa
wwwwww