Home > Berita > Riau

Naik Bus dan Travel, Komplotan Pencuri Emas Asal Sumut dan Riau Sasar Palembang

Naik Bus dan Travel, Komplotan Pencuri Emas Asal Sumut dan Riau Sasar Palembang

Kompolotan pencuri emas yang dibekuk Polsek Ilir Timur I Palembang/JAWAPOS

Selasa, 05 Februari 2019 14:29 WIB
PALEMBANG, POTRETNEWS.com - Bak adegan film-film action, komplotan pencuri emas asal Sumatera Utara ini begitu rapi dan lihai melancarkan aksinya. Dalam sehari, mereka bisa menyasar dua toko emas sekaligus yang ada di Palembang. Dua otak komplotan itu adalah Sudarmanto, 41; dan Subiatoro, 41.
Keduanya berhasil dibekuk Polsek Ilir Timur (IT) I Palembang bersama rekan-rekannya yang lain. Kini mereka harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di balik jeruji besi.

Sudarmanto membeberkan, dia memang sengaja mencari sasaran ke Palembang. Dia datang dengan naik bus dan mobil travel.

Mereka tidak datang berdua. Total ada 12 orang yang bergabung dalam komplotan spesialis pencurian emas tersebut. Enam orang di antaranya merupakan perempuan.

"12 orang ini ada dari Sumut juga, Riau, dan Jatim," beber saat ditemui di Mapolsek IT I Palembang, Selasa (5/2/2019).

Sesampainya di Palembang, komplotan ini berbagi tugas. Mereka membentuk dua kelompok. Yan pertama berisi tujuh orang penjahat dan dipimpin langsung oleh Sudarmanto. Sasaran Sudarmanto Cs adalah toko emas di Pasar 16 Ilir Palembang.

Sedangkan tim kedua dipimpin Subiantoro. Dia juga dibantu tujuh orang. Mereka menyasar Palembang Trade Center (PTC) Mal Palembang.

"Para anggota ini tidak diiming-imingi uang pak, mereka memang kami ajak dan mereka mau langsung merencanakan aksi tersebut," tambahnya.

Dalam melancarkan aksinya, anggota yang perempuan bertugas mengalihkan perhatian korban dengan berpura-pura melihat perhiasan emas. Kemudian, satu anggota lagi bertugas menutupi etalase yang akan dibongkar.

Sudarmanto juga bertugas sebagai eksekutor dengan mengambil emas dari etalase. Dia memakai pisau dan kawat yang sudah dimodifikasi.

Setelah melancarkan aksinya, dia tertangkap polisi. Menyusul kemudian anggota komplotannya yang lain. "Kami rencananya baru akan menjual emas ini ke penadah. Tapi, kami tertangkap pak," tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek IT I Kompol Edi Rachmat mengatakan, pihaknya berhasil menangkap 16 orang dalam kasus ini. Dua di antaranya pemimpinnya yang merupakan warga Sumut. Sedangkan, dua lagi merupakan penadah barang hasil curian emas ini.

"12 orang sisa nya itu anggota kelompok saja. Tapi, ikut andil dalam pencurian tersebut," katanya.

Awalnya Korps Bhayangkara meringkus Sudarmanto di Jalan Veteran. Setelah itu, Sudarmanto bernyanyi dan mencokot teman-temannya yang lain.

Para pelaku bukan hanya beraksi di Palembang tetapi juga sempat beraksi Sumatera Barat (Sumbar), Medan dan lain sebagainya. Akibat pencurian terebut, korban kehilangan emas seberat 60 gram atau berkisar Rp 6,4 juta,

"Kami masih akan mengembangkan kasus ini. 16 tersangka ini masih diperiksa intensif," demikian Edi. ***

Artikel ini telah tayang di jawapos.com dengan judul "Naik Bus dan Travel, Komplotan Pencuri Emas Asal Sumut Sasar Palembang"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Riau, Hukrim
wwwwww