PotretNews.com Senin 24 Februari 2020
Home >  Berita >  Riau

Tokoh Pers Dahlan TH: Media Profesional Akan Diisi oleh Wartawan Kompeten!

Tokoh Pers Dahlan TH: Media Profesional Akan Diisi oleh Wartawan Kompeten!

Penanggung Jawab potretnews.com Mario Abdillah Khair (kiri) menyerahkan cendera mata kepada CEO Aceh TV HA Dahlan TH.

Sabtu, 22 September 2018 13:51 WIB
Abdul Roni
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Tokoh pers yang juga Direktur Utama Aceh TV, HA Dahlan TH berpendapat, media profesional akan diisi wartawan yang kompeten. ”Wartawan yang kompeten akan rugi jika berada di media abal-abal,” kata dia.

Dahlan memaparkan topik ”Mau Jadi Wartawan Apa Saya?” tatkala menjadi pembicara pada Workshop Jurnalistik potretnews.com 2018 yang berlangsung di salah satu hotel berbintang Pekanbaru, Sabtu (22/9/2018) pagi.

BERITA TERKAIT:

. Momen-momen Workshop Jurnalistik potretnews.com 2017

. Galeri Foto Workshop Jurnalistik potretnews.com 2016

Dipaparkan mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam itu, lahirnya UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers membuka peluang kepada setiap orang untuk menjadi wartawan.

Tapi, menurut dia, tidak cukup hanya sebatas itu saja. Ada suatu tahapan lagi untuk menjadikan profesi wartawan itu semakin kuat. Diciptakanlah sebuah Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk menghasilkan jurnalis yg profesional.

”Dari lahirnya kebebasan pers ini, muncul istilah media mainstream dan media cyber (siber). Apa itu media mainstream? Media mainstream yakni media massa dgn otoritas dan memiliki organisasi yg jelas, terukur dan dapat dipertanggungjawabkan, karena memiliki badan hukum dan lembaga pers yg jelas dan terbuka,” ujar Dahlan yang sekarang masih dipercaya menjabat Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Aceh.

Kepada peserta workshop bertema ”Asyiknya Menjadi Wartawan” yang didominasi utusan lembaga pers mahasiswa (LPM) di Pekanbaru masing-masing; Visi Universitas Lancang Kuning (Unilak), Bahana Mahasiswa Universitas Riau, Gagasan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim, dan Aklamasi Universitas Islam Riau (UIR) serta badan eksekutif mahasiswa (BEM), Dahlan mengimbau jika suatu ketika di antara mereka ada yang memilih menjadi wartawan, maka bergabunglah ke media yang professional.

”Sayang sekali keterampilan adik-adik kalau (bekerja) pada institusinya tidak profesional. Kalian gererasi cerdas yang saya harapkan berada di tempat yang benar,” ujarnya.

Kedatangan Dahlan ke Pekanbaru bersama dua kru Aceh TV yakni Marwan (wartawan, artis, sekaligus juga bintang film terkenal di Aceh), dan Yudi (mantan pembalap motor yang telah menjuarai puluhan event dan kini hijrah ke media massa elektronik).

Workshop ini terselenggara berkat kerja sama PT Potret Citra Media (perusahaan pers penerbit potretnews.com) dengan PT RAPP (APRIL Group), PT Chevron Pacific Indonesia, Asian Agri, PT Sari Dumai Sejati (Apical Group), PT. Kimia Tirta Utama (Astra Agro Lestari), Universitas Lancang Kuning (Unilak), PT Arminareka Perdana Cabang Pekanbaru (Hj Andi Noviriyanti), dan Aguswanti Lahamid (Staf Komisi XI DPR RI/Fungsionaris DPP PPP). ***

       
        Loading...    
           
Kategori : Riau, Umum
Loading...
www www