Home > Berita > Riau

Dewan Inhil Minta Dinsos Setempat Segera Integrasikan Verifikasi PBI BPJS Kesehatan

Jum'at, 29 September 2017 21:03 WIB
Advertorial
dewan-inhil-minta-dinsos-setempat-segera-integrasikan-verifikasi-pbi-bpjs-kesehatanSekretaris Komisi IV DPRD Inhil, Herwanissitas.
TEMBILAHAN. POTRETNEWS.com - Meskipun proses verifikasi masih berlangsung, Sekretaris Komisi IV, Herwanissitas meminta Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau untuk segera mengintegrasikan hasil verifikasi Peserta Bayaran Iuran (PBI) BPJS Kesehatan yang saat ini tengah dilakukan. Hal ini ditegaskannya setelah mengetahui kuota Peserta Bayaran Iuran (PBI) BPJS Kesehatan sudah penuh sedangkan masyarakat miskin masih banyak yang belum terdaftar.

Menurutnya, berapapun data yang sudah diverifikasi, seharusnya langsung diintegrasikan dan tidak menunggu semua selesai.

”Jika proses integrasi dilakukan setelah pekerjaan selesai 100 persen, bagaimana jika masyarakat miskin yang belum terdaftar pada PBI BPJS Kesehatan mengalami sakit dan perlu perawatan secepatnya,” ujar Sitas sapaan akrabnya.

Apalagi Dinsos menargetkan verifikasi baru selesai pada November, tentu ini akan menghambat pelayanan terhadap masyarakat miskin yang sakit dan perlu segera diambil tindakan pengobatan. ”Sementara dia tidak terdaftar, terus bagaimana masyarakat mau berobat gratis,” jelasnya.

Ditambah lagi dalam undang-undang sudah jelas diatur, bahwa masyarakat miskin ditanggung oleh pemerintah.

”Nah, jika saat ini ada masyarakat kita, yang mana mereka tidak mampu, tetapi masih bayar berobatnya, ini sudah menyalahi aturan. Yang namanya masyarakat miskin, itu harus dilayani dan ditanggung oleh negara,” tegasnya.

Untuk diketahui, per Juli 2017, jumlah peserta BPJS PBI dari APBD Inhil dan sharing dana APBD Provinsi Riau sebanyak 142.991 jiwa, dengan besar iuran Rp23 ribu per jiwa perbulannya. (adv/dewan/suf)

wwwwww