Rektor Umri dan Wakilnya Beri Pembekalan Akhir kepada 700 Mahasiswa KKN PMW

Senin, 10 Juli 2017 05:19 WIB
Muhamad Maulana
rektor-umri-dan-wakilnya-beri-pembekalan-akhir-kepada-700-mahasiswa-kkn-pmwSuasana pembekalan akhir kepada 700 Mahasiswa KKN PMW.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Sebanyak 700 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) dari berbagai program studi mendapat pembekalan akhir Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) di Kampus II Umri, Jalan Tuanku Tambusai, Ahad (9/7/2017). Pembekalan tersebut diberikan kepada mahasiswa sebagai persiapan sebelum nantinya mereka turun langsung ke tengah masyarakat untuk mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan selama di perkuliahan.

Pembekalan akhir itu dihadiri pula oleh Rektor Dr H Mubarak, Wakil Rektor I Taswin Yacob, Wakil Rektor III Baidarus, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Ridha Fauzi, para panitia pelaksana, puluhan dosen pembimbing serta sang motivator pemateri, Dr Rizaldi Putra.

Rektor Umri Dr H Mubarak menyebut, KKN PMW sendiri merupakan implementasi pelaksanaan kurikulum, termasuk mata kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan nanti. Dengan mengikuti KKN PMW tersebut, sambungnya, para mahasiswa pun diharapkan bisa memanfaatkan ilmu yang telah didapatkan. Termasuk juga dalam menganalisis sebuah persoalan sehingga dapat mencari solusi dari setiap persoalan yang ada di lapangan.

”Setiap mahasiswa harus mengambil mata kuliah (KKN PMW) ini dan harus lulus. Kami berharap dari pembekalan ini, mahasiswa kami bisa mengimplementasikan ilmunya agar manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat. Mahasiswa peserta KKN juga harus bisa berkolaborasi mencari solusi jika menemukan persoalan di lapangan," kata dia, di sela pembekalan akhir tersebut.

Di lokasi yang sama, Ketua LPPM, Ridha Fauzi menyebutkan pembekalan akhir KKN PMW itu sendiri merupakan kegiatan pembekalan yang telah dilakukan untuk kelima kalinya. Apalagi, rangkaian pelaksanaan pembekalan KKN PMW tersebut sudah dilakukan pihaknya sejak 30 April silam.

"Pembekalan untuk peserta KKN PMW ini kami lakukan sampai lima kali agar mahasiswa benar-benar siap diterjunkan ke lapangan sesuai dengan kondisi yang ada. Jumlah peserta KKN PMW angkatan ke 7 ini mencapai 700 mahasiswa/i yang terbagi dalam 40 kelompok, 20 kelompok di Pekanbaru dan 20 kelompok lagi di Kabupaten Siak," paparnya.

Sementara itu, untuk KKN, pelaksanaannya akan dimulai pada 17 Juli sampai 21 Agustus mendatang. Sedangkan PMW akan dimulai pada 17 Juli sampai 30 November mendatang. ”Kami berharap semoga pelaksanaan KKN PMW ini bisa berjalan aman dan lancar," harapnya. ***

wwwwww