Sulit Dipercaya dan Nyaris tanpa Kabar Berita, Air Terjun Tertinggi di Sumatera Ternyata Ada di Pangkalankapas Kampar

Sulit Dipercaya dan Nyaris tanpa Kabar Berita, Air Terjun Tertinggi di Sumatera Ternyata Ada di Pangkalankapas Kampar

Air Terjun Pangkalankapas. (foto: gemalahanafiah.wordpress.com)

Sabtu, 24 Desember 2016 10:32 WIB
KAMPAR, POTRETNEWS.com - Provinsi Riau ternyata tidak hanya menyimpan sumber daya alam seperti minyak bumi yang melimpah saja. Akan tetapi, ternyata di provinsi ini ada begitu banyak objek wisata yang sayang untuk dilewatkan. Bagi Anda yang gemar berpetualang di alam, mungkin objek wisata ini menjadi salah satu destinasi yang harus dikunjungi. Ialah Air Terjun Pangkalankapas yang ternyata disebut sebagai salah satu air terjun tertinggi di Sumatera.

Dikutip potretnews.com dari infoyunik.com via riauinside.com, air terjun ini memiliki tinggi mencapai 150 meter dan menjadi air terjun tertinggi di Riau, Amazing bukan? Tingginya mengalahkan beberapa air terjun lainnya yang ada di Sumatera. Jauh lebih tinggi jika dibandingkan Air Terjun Lembah Anai yang hanya 60 meter ataupun Air Terjun Sipo-Sipo dengan tinggi 120 meter.

Namun, untuk mencapai lokasi wisata yang mempesona ini dibutuhkan usaha lebih ekstra. Pasalnya ada medan berat yang harus dilewati agar bisa sampai ke sana. Lantas di manakah sebenarnya letak dari air terjun tertinggi di Sumatera ini?

Air terjun Pangkalankapas terletak di Desa Lubukbigau, Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar. Apabila hendak berkunjung ke lokasi ini dari Kota Pekanbaru, maka Anda perlu menuju Kota Lipatkain dengan memakan waktu 2 jam.

Medan yang berat akan mulai terasa karena untuk menuju Desa Lubukbigau kita harus melewati jalan tanah yang licin serta jalan yang berbukit dan tidak rata. Setelah sampai di desa tersebut maka kita harus melanjutkan perjalanan untuk mencapai lokasi air terjun, maka dibutuhkan waktu 3 jam berjalan kaki.

Meskipun membutuhkan waktu dan tenaga ekstra untuk mencapainya akan tetapi semua itu akan terbayarkan tatkala melihat keindahan dari objek wisata Riau yang satu ini.

Terlebih lagi tempat ini belum begitu banyak terjamah oleh manusia. Jadi semuanya masih terlihat asri dan alami. Di sini, para wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan indah dari Air Terjun Pangkalan Kapas yang langsung menghujam ke bawah tanpa terlebih dahulu menyentuh dinding tebing seperti air terjun kebanyakan.

Tidak cukup sampai di situ, mata kita juga akan dimanjakan dengan bebatuan besar yang ditumbuhi lumut di dasarnya. Selain itu, sekitaran Air Terjun Pangkalan Kapas ini juga merupakan kawasan hutan hujan tropis yang banyak ditumbuhi pepohonan seperti meranti, tempayang, kulim dan lain sebagainya.

Sensasi tempiasan air terjun yang mengenai tubuh dan wajah akan membuat kita terasa segar kembali setelah menempuh perjalanan yang melelahkan. Menikmati indahkan lokasi wisata Riau yang satu ini akan membuat kita merasa nyaman dan betah berlama-lama.

Oleh karena itu, jika anda ingin merasakan berpetualang dan menikmati keindahan lokasi wisata Air Terjun Pangkalankapas maka luangkanlah waktu akhir pekan dan pergilah bersama keluarga tercinta.

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Kampar, Umum
wwwwww