Home > Berita > Riau

Rektor Umri Ingin Sebagian Alumninya Jadi Jadi Entrepreneur Muda Sukses

Senin, 19 Desember 2016 00:37 WIB
Muhamad Maulana
rektor-umri-ingin-sebagian-alumninya-jadi-jadi-ientrepreneuri-muda-suksesPeserta yang menghadiri Umri Entrepreneur Award ke-2 tahun 2016, Minggu (18/12/2016) di Aula H Wan Ghalib, Gedung Perpustakaan Soeman HS.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Tanpa koar-koar, Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) bertekad untuk tidak hanya menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang andal melalui disiplin ilmu yang dipilih mahasiswa dibangku kuliah, tetapi juga ingin menciptakan entrepreneur (cerdas menangkap peluang usaha) muda yang bisa membuka lapangan kerja kelak setelah menyelesaikan perkuliahan. Upayal itu dilakukan Umri melalui Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M), dengan membuat kurikulum Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) sejak enam tahun lalu. Melalui PMW mahasiswa diberi kebebasan untuk membuat suatu kelompok pelaku bisnis, yang meski telah menamatkan perkualiahan, masih juga bisa menjalankan usaha mereka.

"Dalam rencana induk pengembangan universitas, kita membuat target 30 persen alumni kita bisa menjadi entrepreneur. Artinya mereka kita harapkan tidak hanya bergantung pada orang atau lembaga lain untuk mendapatkan pekerjaan," kata Rektor Umri Dr H Mubarak MSi saat membuka Umri Entrepreneur Award ke-2 tahun 2016 dengan tema "Entrepreneur Muda Membangun Bangsa", Minggu (18/12/2016) di Aula H Wan Ghalib, Gedung Perpustakaan Soeman HS.

Dikatakan Mubarak, menumbuhkan dan mengembangkan jiwa entrepreneur kepada Mahasiswa, tidak harus hanya diberikan pada bidang ekonomi dengan membuka berbagai jenis usaha. Mengembangkan bisnis dengan ilmu yang dimiliki saat kuliah akan lebih berarti.

Dia berharap mahasiswa juga mampu berbisnis dengan ilmu yang dimiliki di bangku kuliah, atau sesuai dengan jurusan yang diambi, besbisnis dengan ilmu pengetahuan. "Mahasiswa itu bagaimana Dia bisa mengembangkan ilmu yang diperolehnya untuk dimasukkan pada dunia bisnis," kata rektor.

Seperti alumni jurusan Ilmu Komunikasi, Mubarak berharap mereka bisa menjadi entrepreneur pada bidang komunikasi, seperti dengan membuat perusahaan pers (media) sendiri, dan lainnya. Begitu juga dengan alumni jurusan lainnya yang diharapkan bisa menjadikan ilmu yang diperoleh sebagai bagian dari menjadi entrepreneur.

"Jangan hannya terfokus pada menjadi pengusaha dibidang ekonomi seperti berjualan bahan atau produk makanan dan sejenisnya, karena bagaimanapun ilmu sesuai jurusan yang dipilih saat kuliah harus bisa terus kita terapkan dan kembangkan dalam meningkatkan taraf hidup kita," ujarnya.

Kepala LP2M Umri Ridha Fauzi, mengemukakan, hingga saat ini dari enam tahun program PMW ini berjalan, masih ada di antara alumni yang terus melanjutkan usaha yang mereka buat saat mengikuti program PMW di masa kuliah. Menurut dia, Umri memberi peluang bagi mereka yang benar-benar serius untuk mendapatkan bantuan dalam menjalankan usahanya. ***

wwwwww