PotretNews.com Kamis 30 Maret 2017
Home >  Berita >  Riau

Kisah Hermanto Ansam Mendirikan GoRiau.com hingga Menjadi Media Siber Nomor Satu di Luar Jakarta

Kisah Hermanto Ansam Mendirikan <i>GoRiau.com</i> hingga Menjadi Media Siber Nomor Satu di Luar Jakarta

Hermanto Ansam.

Minggu, 27 November 2016 10:29 WIB
Akham Sophian
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Anda yang terutama berdomisili di Provinsi Riau pasti tahu GoRiau.com, tetapi mungkin jarang mendengar nama Hermanto Ansam. Pria ini merupakan Direktur PT Gema Informasi Riau Digital, perusahaan pers yang menerbitkan Surat kabar Online GoRiau.com.Sejak 2013 hingga November 2016, GoRiau.com tercatat menjadi media siber nomor satu di luar Jakarta, berdasarkan data yang setiap hari dirilis perusahaan pemeringkat website, www.alexa.com.

Kini, Herman Ansam bersama GoRiau.com berhasil mendapatkan pengakuan dari berbagai kalangan sebagai raja media online di luar Jakarta dan masuk dalam deretan 100 media online paling populer di Indonesia.

Bagaimana cara Hermanto Ansam mendapatkan dan menjadikan GoRiau.com menjadi koran online nomor satu di luar Jakarta?

Sarjana Kimia yang Memilih Menjadi Wartawan
Hermanto Ansam yang lahir pada tanggal 12 Mei 1969 di Padang, sesungguhnya terlahir di keluarga wirausahawan. Secara tidak langsung, Hermanto sudah terlatih melihat proses bagaimana membangun sebuah usaha. Tetapi siapa sangka, sebenarnya keluarga besar tidak menginginkan anaknya tersebut untuk terjun sebagai wartawan, setelah menjadi Sarjana Kimia dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Riau. Toh, Hermanto tetap memilih jalan hidup sebagai wartawan di Harian Riau Pos, dan berkarier selama 22 tahun.

GoRiau.com Merangkak dari Bawah
Hermanto Ansam tidak serta merta langsung membawa GoRiau.com dalam posisi yang tinggi setelah online untuk pertama kali pada 8 September 2012. Prosesnya sangat berliku-liku.

Ads
Di awal berdirinya GoRiau.com, mantan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) selama 3 periode ini, dipandang sebelah mata bahkan dicemooh, oleh pihak yang meragukan kemampuan jurnalistik dan talenta bisnisnya.

Namun, pria gila kerja ini membuat mulut-mulut ”usil” terdiam tatkala GoRiau.com dijadikan rujukan utama oleh para politisi dan pengamat politik sebagai media paling cepat memberitakan hasil hitung cepat Pemilihan Gubernur Riau pada tahun 2013. Semua peristiwa politik saat itu dikemasnya menjadi berita yang ringan dan menarik.

”Popularitas GoRiau.com mungkin diuntungkan oleh momen Pilkada Provinsi Riau di tahun itu. Saya waktu itu masih bekerja sendiri. Soalnya wartawan yang coba saya ajak hampir semua menolak bergabung. Mungkin karena mereka menganggap GoRiau.com nggak memiliki investor yang punya nama besar dan hanya iseng-iseng atau sekadar mempertahankan status kewartawanan saja,” kata dia, dalam sebuah perbincangan, beberapa waktu lalu.

Hermanto mengaku, menjalani satu pekerjaan yang belum menuai hasil apalagi kantor permanen (saat ini GoRiau.com telah berkantor di kawasan elite, red), memang membutuhkan kesabaran dan perjuangan hebat.

”Di tengah kegalauan karena nggak punya wartawan, nggak ada kantor dan minus iklan, saya tetap berpikir positif dan sederhana bahwa setiap pekerjaan yang kita cintai dan kita lakukan secara serius, cepat atau lambat akan membuahkan hasil,” tuturnya.

Beberapa Kali Dirawat di Rumah Sakit
Mungkin banyak pihak hanya melihat keberhasilan Hermanto Ansam membesarkan GoRiau.com, pada hari ini. Tetapi tak banyak yang tahu jika dalam proses mewujudkan impian menjadi media siber nomor di Riau dan bahkan sekarang menjadi nomor wahid di luar Jakarta, Hermanto Ansam ”tumbang” dan harus dirawat di rumah sakit.

”Saya akui memang tidak telaten menjaga kesehatan. Pola hidup saya sangat tidak sehat. Saya baru tidur setelah dini hari jelang Subuh,” ucap Hermanto menjelaskan penyebab dirinya beberapa kali dirawat di rumah sakit.

Seorang sahabat yang berhasil ditemui potretnews.com dalam kesempatan terpisah, tidak kaget tatkala hari ini Hermanto Ansam, dengan GoRiau.com-nya, menjadi raja media online di Riau. Menurutnya, sebelum mendirikan GoRiau.com, Hermanto memang sudah menyukai hal-hal ”berbau” teknologi informasi. Dan hampir semua perkembangan teknologi selalu diikutinya dengan cermat.

Konon, entah benar atau tidak, sang sahabat inilah yang pertama kali ”menantang” Hermanto Ansam menjemput takdirnya sebagai raja media siber dengan syarat mundur dari tempatnya bekerja dan menutup usaha warnetnya. Dan tak disangka, kini GoRiau.com menjadi besar dan telah lahir sebagai grup media online terbesar di luar Jawa. Saat ni Hermanto memimpin paling tidak, lima media online yaitu GoRiau.com Pekanbaru, GoAceh.co (di Lhokseumawe, Aceh), GoSumut.com (di Medan, Sumatera Utara), GoSumbar.com (di Padang, Sumatera Barat) dan GoNews.co di Jakarta.

''Kehadiran GoRiau.com dan beberapa media di bawah bendera GoNews Grup, yang didirikan Pak Hermanto Ansam telah mengagetkan banyak kalangan dan mengubah peta permainan pada kelompok media siber di Riau. Kita ucapkan selamat, karena hasil itu buah dari kerja kerasnya yang nyaris tak mengenal batas waktu. Dia bekerja dari pagi, siang, sore, malam hingga ketemu pagi lagi,” ujar sumber yang menolak namanya ditulis. ***

loading...
Kategori : Riau, Umum
www www