Ribuan Mahasiswa Baru Umri Dibekali Pengetahuan Kewarganegaraan

Minggu, 04 September 2016 23:29 WIB
ribuan-mahasiswa-baru-umri-dibekali-pengetahuan-kewarganegaraanSuasana pembekalan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Riau.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) memberikan pembekalan kepada 1.108 mahasiswa baru meliputi materi wajib dari Ditjen Dikti e Pendidikan dan Kebudyaaan RI tentang kewarganegaraan dan penggunaan fasilitas kampus.
"Sejumlah fasilitas kampus yang diperkenalkan adalah pengenalan penggunaan laboratorium umum, riset dan laboratorium keilmuan, administrasi berbasis IT dan perpustakaan," kata Rektor Umri Dr H Mubarrak di sela pelantikan dan pengenalan akademik di kampus II Umri yang berlokasi di Jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru, Minggu (4/9/2016).

Dia mengatakan, pembukaan masa taaruf (masta) serta program pengenalan akademik mahasiswa baru Umri digelar pada 6-10 September 2016 di kampus II.

Menurut Mubarak, 1.108 mahasiswa baru tersebut berasal dari tujuh fakultas dan 16 program studi juga diperkenalkan dengan dua kampus dan jadwal perkuliahan selain itu memperkuat jalinan silaturahmi antarmahasiswa sehingga tercipta kebersamaan yang erat antara mahasiswa dengan jajaran akademik Umri.

"Sebanyak 1.108 mahasiswa itu adalah rekrutmen lolos tes dari 1.475 calon mahasiswa yang mendaftar. Dari jumlah itu, 35 orang di antara mahasiswa baru itu mendapatkan beasiswa dari manajemen Muhammadiyah," ucapnya.

Rektor menyebutkan beasiswa diberikan pada 35 mahasiswa baru tersebut adalah mereka yang berasal dari keluarga miskin yang semester awalnya Rp6 juta dan selanjutnya Rp3 juta per semester.

Selain itu, masih kata rektor, Umri juga diminta oleh Pemrov Riau untuk menjaring calon mahasiswa baru dari Suku Terasing dengan beasiswa bersumber dari APBD Riau tahun 2017.

"Saat ini Umri sedang mempersiapkan penjaringan calon mahasiswa baru dari suku terasing dengan mendata sejumlah orang tua yang berniat akan memasukkan anak mereka untuk kuliah di Umri," tuturnya.

Yang penting, kata dia lagi, para orang tua, berniat untuk menyerahkan anak mereka untuk kuliah di Umri selanjutnya bersedia memotivasi anak mereka untuk belajar dengan baik.

Pada kesempatan itu rektor juga menyerahkan Rp100 juta pada panitia pembangunan mesjid kampus II yang anggaran tersebut berasal dari sumbangan mahasiswa.

Pada bagian lain rektor mengemukakan, Umri memiliki 16 program studi dari tujuh Fakultas dengan akreditasi B untuk sejumlah program studi. Didukung oleh 92 tenaga dosen mulai dari S1 sebanyak 10 orang dan 11 S1 sedang kuliah S2, sedangkan S2 sebanyak 71 orang serta dosen yang sedang kuliah S3 sebanyak 6 orang. (rls)

Editor:
Mukhlis

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww