Home > Berita > Riau

Mahasiswa Umri Penerima Beasiswa Pemprov Riau Diberi Penguatan Karakter

Senin, 01 Agustus 2016 23:18 WIB
mahasiswa-umri-penerima-beasiswa-pemprov-riau-diberi-penguatan-karakterKepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riau Dr H Kamsol saat memberi materi di hadapan mahasiswa.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Mahasiswa penerima beasiswa dari Pemerintah Provinsi Riau yang menimba ilmu di Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) diberi penguatan melalui seminar pembangunan karakter, di Pekanbaru, Senin (1/8/2016). Pembicara kunci, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riau Dr H Kamsol dalam pemaparannya, mengingatkan kepada mahasiswa untuk bisa terus menggali berbagai potensi yang ada dalam diri mereka, sehingga tidak hanya bertumpu pada penerimaan ilmu yang didapat dari dosen di Kampus.

"Mahasiswa itu dituntut bisa kreatif, dan harus mampu mempunyai pandangan jauh ke depan. Tidak hanya cukup pintar dari segi menangkap ilmu yang diajarkan oleh dosen, tetapi seorang mahasiswa juga dituntut untuk bisa memiliki karakter, yang bisa membawa atau menjadi nilai lebih bagi dirinya ketika menyelesaikan kuliah nantinya," papar Kamsol.

Karena itulah, menurut dia, mahasiswa dituntut untuk bisa aktif berorganisasi di kampus, karena melalui organisasi itulah akan banyak hal yang bisa menjadikan seorang mahasiswa mapan ketika tidak lagi kuliah.

"Terlebih bagi penerima beasiswa ini, tentu dituntut bisa menjadi orang-orang yang handal dan mempenyai keterampilan yang bisa membawa kebaikan dan kemudahan disaat sudah tidak kuliah lagi, yakni ketika hidup ditengah masyarakat banyak," katanya.

Sementara Rektor Umri Dr H Mubarak menyebut kegiatan yang diikuti 240 mahasiswa tersebut merupakan kegiatan yang diharapkan mampu memberi nilai lebih bagi mahasiswa. Hal itu juga sejalan dengan keinginan Umri agar ada bedanya antara mahasiswa yang mendapat beasiswa dengan yang tidak.

"Soft skill ini sangat penting, ini merupakan kemampuan nonteknis yang tidak semua orang bisa dengan mudah mengikutinya, terlebih dari kalangan Mahasiswa, karena biasanya kegiatan ini memerlukan biaya yang tidak murah," ucap Mubarak.

Lebih jauh rektor menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan selama 5 hari tersebut akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa jika diikuti dengan sungguh-sungguh akan mampu memberi nilai lebih bagi mereka nantinya, terutama dalam kemampuan berbicara didepan orang dan juga dalam menyikapi ketika ada persoalan. (rls)

Editor:
Mukhlis

Kategori : Riau, Pekanbaru, Umum
wwwwww