Menyusuri Jejak Islam di Tanah Melayu Riau

Pahlawan Nasional Sultan Syarif Kasim II Pernah Jadi Khatib Jumat di Mesjid Raya Al Ikhsan Bagansiapiapi

Pahlawan Nasional Sultan Syarif Kasim II Pernah Jadi Khatib Jumat di Mesjid Raya Al Ikhsan Bagansiapiapi

Mesjid Raya Al Ikhsan Bagansiapiapi.

Kamis, 16 Juni 2016 23:28 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Mesjid Raya Al Ikhsan yang berdiri megah di pusat Kota Bagansiapiapi, Rokan Hilir (Rohil) ini menyimpan banyak kisah unik. Masjid tua tersebut pernah disinggahi Raja Siak Sultan Syarif Kasim II (salah satu pahlawan nasional dari Riau, red)yang bertindak sebagai Khatib Salat Jumat. Walaupun kini bangunan mesjid sudah direhab total, namun mimbar dan tongkat khatib Salat Jumat masih asli terbuat dari kayu dan besi putih. Benda-benda ini menjadi simbol dan bukti kemegahan mesjid ini pada masa lalu.

Secara pasti tanggal dan tahun pendirian Mesjid Raya Al Ikhsan Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir ini tidak diketahui. Namun dari cerita yang dipercayai masyarakat, keberadaan mesjid sudah hampir satu abad dan merupakan masjid pertama di Kota Bagansiapiapi.

Dulu mesjid ini berada di tepi sungai, bangunan hanya terbuat dari kayu berukuran 5 X 5 meter. Dalam pengembangannya bangunan kayu ini direhab sebanyak tiga kali.

Kemudian baru pada tahun 1992 bangunan kayu tersebut direhab total diganti bangunan batu yang berukuran 23 X 25 meter. Pembangunan Mesjid Raya Al Ikhsan tahun 1992 dilakukan oleh Camat Bagansiapiapi Drs H Wan Thamrin Hasyim, saat diresmikan juga dilakukan Drs H Wan Thamrin Hasyim, selaku Bupati Rokan Hilir.

Pembangunan mesjid sejak awal berdiri dilakukan secara swadaya oleh masyarakat, karena pengurus mesjid terdahulu memang tidak mau menerima bantuan dari pemerintah. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
GoRiau.com

Kategori : Peristiwa, Umum, Riau, Rohil
wwwwww