Home > Berita > Umum

Keputusan Sidang Isbat: Malam Ini Tarawih, Besok Puasa Pertama Ramadan 1437 H

Keputusan Sidang Isbat: Malam Ini Tarawih, Besok Puasa Pertama Ramadan 1437 H

Ilustrasi/Salat Tarawih.

Minggu, 05 Juni 2016 19:37 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Pemerintah mengumumkan 1 Ramadhan atau awal puasa bertepatan pada hari Senin 6 Juni 2016. Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin mengumumkan hal itu setelah menggelar sidang Isbat di Kementerian Agama, Minggu (5/6/2016) petang. “Ada 93 petugas yang telah disumpah di 93 titik di wilayah Indonesia melihat hilal. Sehingga seluruh peserta sidang Isbat sepakat bahwa kita masuk 1 Ramadhan atau puasa Ramadhan hari pertama pada Senin bertepatan dengan 6 Juni 2016. Jadi besok kita sudah mulai puasa,” kata Lukman Hakiem.

Dengan penetapan 1 Ramadan pada hari Senin 6 Juni 2016 ini, kata Lukman, diharapkan semua umat Islam dan seluruh warga bangsa selalu menjaga kesucian bulan mulia ini sehingga bisa menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya.

“Umat beragama kami harapkan bisa saling membangun toleransi, banyak warga yang menjalankan ibadah puasa tetapi ada juga yang tidak menjalankan puasa, sehingga diharapkan tetap saling menjaga toleransi, menghargai dan menghormati agar kesucian bulan ini bisa tetap terjaga,” ujar Lukman.

Dalam acara yang juga dihadiri Ketua MUI KH Makruf Amin itu Lukman juga mengimbau kepada pengelola hiburan serta media masa selalu menjaga tayangannya. begitupun media sosial agar selama Ramadan tetap mengajag suasana kondusif sehingga suasana tetap terjaga. “Kita berharap Bulan Ramadhan di tahun ini tetap terjaga dengan kualitas puasa tetap baik,” tambahnya.

Sementara itu, dengan pengumuman pemerintah itu mesjid-mesjid langsung ramai mulai menyelenggarakan Salat Tarawih bersama. Di Mesjid Istiqlal, jemaah sudah menunggu pengumumam pemerintah sejak Salat Maghrib.

Jemaah seperti sudah tahu bahwa pemerintah akan mengumumkan Senin merupakan hari pertama Salat Tarawih sehingga mesjid terlihat sudah penuh. Hampir seluruh shaf (baris) dipenuhi jemaah yang akan mengikuti Salat Tarawih. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
Poskotanews.com

Kategori : Umum, Peristiwa
wwwwww