Home > Berita > Umum

Alumni Umri Wajib Menyuburkan Persyarikatan Muhammadiyah

Alumni Umri Wajib Menyuburkan Persyarikatan Muhammadiyah

Sebanyak 136 calon wisudawan Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) menjalani pembekalan tahap akhir, Sabtu (14/5/2016).

Sabtu, 14 Mei 2016 23:17 WIB
PEKANBARU, POTRTNEWS.com - Sebanyak 136 calon wisudawan Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) menjalani pembekalan tahap akhir, Sabtu (14/5/2016). Pembekalan dilakukan agar para wisudawan mampu menunjukkan karakter Kemuhammadiyahan ketika mereka sudah kembali ke masyarakat. Sebagai pemateri pertama, mahasiswa dibekali oleh Wakil Rektor III Umri, Baidarus MM MAg. Baidarus membekali mahasiswa dengan mengangkat tema "Peran Sarjana Umri dalam Menghidupsuburkan Persyarikatan Muhammadiyah".

Menurut dia, sebagai alumni Umri, maka para calon wisudawan berkewajiban menyuburkan persyarikatan Muhammadiyah. Tiap wisudawan juga harus siap menjadi putra Muhammadiyah terbaik. "Karena hal itulah yang menjadi pesan KH Ahmad Dahlan selaku pendiri persyarikatan," kata Baidarus.

Menurut dia, Muhammadiyah punya tanggungjawab mewujudkan masyarakat Islam yang benar. Namun, saat ini diakui bahwa anggota Muhammadiyah masih belum mampu mewujudkan masyarakat Islam yang baik. "Padahal kalau itu bisa kita wujudkan, maka kita bisa hidup sejahtera," paparnya.

Untuk itu, para alumni Umri harus berakidah tauhid yang murni dan bebas dari syirik, tahayul, bidah dan khurafat. Lalu beribadah sesuai sunnah Rasullulah. Alumni Umri juga harus mampu berperan sebagai pelopor, pelangsung dan penyempurna perjuangan Muhammadiyah.

"Jangan pula setelah lulus jadi meninggalkan kepribadian Muhammadiyah. Tapi harus mampu menumbuhkembangkan rasa memiliki untuk menjaga, membesarkan, mengembangkan dan memajukan persyarikatan Muhammadiyah," kata Baidarus.

Sementara itu, wisudawan yang bakal dikukuhkan tanggal 28 Mei mendatang tersebut berasal dari lima fakultas. Yaitu, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Mipa dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Ilmu Komputer. (rls) *v

Editor:
Mukhlis

Kategori : Umum, Pekanbaru, Riau
wwwwww